Sukses

3 Tahun Diracik, Burger Vegan McDonald's Akhirnya Meluncur

Yang membuat banyak pelanggan penasaran, bagaimana rasa keju vegan burger McDonald's.

Liputan6.com, Jakarta - Lama ditunggu, restoran cepat saji McDonald’s atau McD akhirnya meluncurkan burger vegan pertamanya di Inggris. Sesuai namanya, burger ini tidak memakai daging dari hewan.

Menu terbaru yang diberi nama McPlant ini sudah diracik dan dikembangkan selama tiga tahun terakhir. Meski begitu, dilansir dari The Sun, Kamis, 9 September 2021, McD bukan yang pertama mengeluarkan burger dengan daging nabati.

Beberapa restoran cepat saji bahkan sudah lebih dulu menjual burger vegan. Para pelanggan setia McD banyak yang mempertanyakan kenapa butuh waktu lama untuk meluncurkan menu berbasis vegan atau vegetarian.

Mereka pun sangat antusias mencoba menu baru yang akan diluncurkan di Inggris ini. Dari bentuk dan aromanya, hampir sama dengan menu burger mereka lainnya.

Bentuk dagingnya yang juicy juga sama, lalu ada mentimun muda, tomat, daun selada, saus tomat dan saus khusus burger vegan yang dikemas dalam roti khas burger.  Yang membuat banyak pelanggan penasaran, bagaimana rasa keju vegan burger McD, karena banyak orang yang kecewa dengan rasa keju nabati di produk burger lainnya.

Rasa keju burger yang butuh waktu tiga tahun untuk mendapatkan formula yang tepat itu ternyata rasanya cukup enak. Keju tersebut disebut sebagai imitasi yang luar biasa dari keju klasik Amerika Serikat, meski tidak terlalu meleleh seperti keju asli yang terbuat dari susu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sedikit Berbeda

Untuk kemasannya, McPlant disajikan dalam boks kertas karton berwarna cokelat dan hijau muda. Daging nabatinya merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan AS Beyond Meat.

Teksturnya sedikit lebih tebal dari daging di menu Big Mac dan sedikit lebih tipis dari menu burger McD lainnya. Meski begitu, secara umum rasanya tak jauh beda dengan burger McD lainnya yang rasanya sangat khas dan tak bisa ditiru.

Mereka yang lebih menyukai burger dengan daging hewani mungkin akan merasakan cita rasa yang beda. Namun bukan berarti tidak enak, hanya terasa sedikit berbeda.

3 dari 4 halaman

Dimasak Terpisah

Menu baru ini bahkan diyakini akan sangat disukai para vegan, vegetarian, mereka yang ingin mengurangi makan daging dan mereka yang ingin mengonsumsi fast food yang lebih sehat. Menu McPlant ini mengandung 429 kalori, sedangkan menu burger McD lainnya mengandung 518 kalori.

McPlant rencananya akan resmi dirilis secara terbatas di Coventry mulai 29 September2021, sebelum dirilis di 250 restoran di Inggris pada Oktober mendatang. Menu ini baru akan tersedia di semua restoran McD di Inggris pada awal 2022 nanti.

Burger vegan ini juga sudah disetujui oleh Vegetarian Society sehingga dipastikan proses memasaknya akan terpisah dengan pembuatan burger lainnya. Para pelanggan setia McD harus menunggu lama kehadiran burger vegan, tapi penantian itu diyakini tak akan sia-sia dan memang pantas ditunggu.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.