Sukses

Manfaat Zumba Versi Cantika Felder

Salah satu manfaat zumba menurut Cantika Felder adalah menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Zumba jadi salah satu olahraga yang disukai banyak orang. Seorang instruktur zumba, Cantika Felder membagikan tips berolahraga zumba.

Bagi pemula, kata Cantika, maka mereka harus lebih dulu berolahraga, tanpa menunda-nuda. Bagi dia, jika tidak langsung olahraga, maka orang akan beralasan lain lagi.

"Hal lain yang penting adalah, saat olahraga, maka orang harus memakai pakaian olahraga yang bahannya menyerap keringat. Yang juga tak kalah penting adalah memakai sepatu olahraga," kata Cantika dalam konferensi pers Tokopedia secara daring, Kamis (9/9/2021).

Bagi putri Minati Atmanegara itu, sepatu yang sesuai dan nyaman dapat menghindari cedera saat olahraga zumba. Zumba menurut Cantika, terutama yang high impact yang banyak lompat.

Cantika menambahkan, hal lain yang juga penting adalah cooling down. Dia menerangkan, olahraga harus dimulai dari pemanasan hingga cooling down.

"Itu perlu dilakukan agar usai olahraga badan tidak terasa nyeri-nyeri dan menghindari cedera. Selain itu, olahraga juga harus dilakukan secara rutin bisa seminggu tiga hingga lima kali. Nah, dalam seminggu itu harus ada sehari untuk rest day," papar Cantika.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Ideal Zumba

Cantika mengungkapkan waktu ideal zumba tergantung dengan preferensi masing-masing. Dia menyebutkan, orang bisa memulai zumba pada pagi hari, sebelum memulai beraktivitas.

"Atau bisa zumba pada sore hari, bisa juga jam tujuh malam, masih bisa untuk berolahraga. Durasinya maksimal satu jam, sementara mereka yang baru memulai olahraga lagi, bisa 30 menit secara bertahap hingga satu jam," kata Cantika.

Terkait soal waktu olahraga, Cantika menyarankan agar olahraga paling lambat dilakukan dua jam sebelum waktu tidur. Hal itu agar badan relaks dan waktu tidur tidak terganggu.

"Karena kalau olahraganya mendekati jam tidur, cenderung detak jantungnya pun masih aktif. Badan juga masih aktif, supaya rileks, maka akhiri olahraga dua jam sebelum tidur," tutur Cantika.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Zumba

Bagi Cantika, setiap olahraga tentu punya manfaat tersendiri, tergantung aktivitas olahraga yang dipilih. Namun, ia menekankan bahwa zumba bisa untuk menurunkan berat badan.

"Olahraga zumba pas banget bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Karena zumba cukup banyak membakar kalori, banyak lompat-lompat dan memacu kerja jantung juga. Jadi, ini bagus banget untuk menurunkan berat badan," ujar Cantika.

Selain menurunkan berat badan, kata Cantika, zumba bagus melatih kerja jantung. Ia juga mengatakan zumba bermanfaat melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan.

"Zumba juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh. Apalagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini," tandas Cantika.

4 dari 4 halaman

Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.