Sukses

Uniknya Furnitur Terbuat dari Suku Cadang Kereta Klasik

Jepang tak hanya terkenal dengan keretanya, tetapi juga inovasi furnitur yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang terkenal dengan beragam transportasi umum, tidak terkecuali kereta. Namun, ada terobosan menarik yang dimanfaatkan dari kereta klasik Jepang menjadi sebuah furnitur.

Dilansir dari Japan Today, Rabu, 8 September 2021, pihak di balik furnitur ini adalah Odakyu, salah satu perusahaan kereta api besar di Tokyo yang terkenal dengan rangkaian kereta Romancecar. Faktanya, suku cadang yang dimaksud adalah milik Romancecar, Super Express (SE) 3000, yang beroperasi dari 1957 hingga 1992 silam.

SE 3000 berwarna candy apple red yang dapat dilihat sebagai motif warna utama dari furnitur yang digunakan ulang. Kereta ini dikenal karena menginspirasi pengembangan kereta peluru Shinkansen.

Pengumuman terbaru Odakyu mengungkapkan lima perabot yang dijual sebagai bagian dari Proyek Bagian Memorial Romancecar perusahaan. Hasilnya akan digunakan untuk pelestarian dan pengelolaan Romancecar yang sudah pensiun.

Potongan-potongan furnitur ini dirancang oleh Noriaki Okabe Architecture Network yang memiliki sejarah mengerjakan desain untuk Romancecars lainnya. Ada lima jenis furnitur dengan harga bervariasi.

Sebut saja SE Romance Sofa seharga 440 ribu yen (Rp59 juta). Ini adalah kursi asli SE 3000 dengan penutup kepala baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SE Romance Car Table

Berlanjut SE Romance Car Table seharga 650 ribu yen (Rp84 juta). Meja ini terbuat dari bahan lantai gerbong kereta SE.

Lalu ada SE "Running Coffee Room" Sideboard seharga 650 ribu yen (Rp84 juta). Furnitur ini adalah bufet yang terbuat dari etalase yang digunakan untuk layanan Running Coffee Room Romancecar, lokasi penumpang disuguhi berbagai minuman dan makanan ringan.

Kemudian, SE "Kaikoto" Light Stand 350 ribu yen (Rp45 juta). Furnitur ini reproduksi penutup lampu neon yang digunakan di langit-langit gerbong kereta.

3 dari 4 halaman

SE Glass Cabinet

Terakhir, ada SE Glass Cabinet 450 ribu yen Rp58 juta. Pintu kaca furnitur ini terbuat dari jendela samping kereta.

Sebelumnya, ada empat bagian lain yang dibuat dengan bagian dari Super Express Romancecar. Mereka telah restock bertepatan dengan furnitur yang baru dirilis, yakni SE Wood Dining Chair (61,500 yen atau Rp7,9 juta), the Super Express Kids Chair berukuran besar (61,500 yen atau Rp7,9 juta) dan kecil (56,500 yen atau Rp7,3 juta).

Furnitut Romancecar akan dijual hingga 30 November 2021. Namun, saat ini furnitur tersebut hanya tersedia di Jepang.

4 dari 4 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.