Sukses

6 Makanan Pencetus Perut Kembang, Ada Produk Olahan Susu

Kamu yang tidak ingin mengalami masalah perut kembung atau begah perlu benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pasti pernah mengalami perut kembung atau begah, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun lanjut usia. Perut kembung adalah suatu kondisi saat perut terasa penuh dan kencang. Umumnya disebabkan oleh akumulasi gas.

Tak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman dan perasaan 'penuh' pada perut, namun juga menimbulkan perih. Secara penampilan, perut juga tampak lebih besar dari biasanya.

Kamu yang tidak ingin mengalami masalah perut kembung dan begah perlu benar-benar memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Karena makanan adalah salah satu pencetus terjadinya perut kembung atau begah. 

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sedang mengeluh perut kembung, pasalnya, dikutip dari KlikDokter, jenis makanan tertentu bisa mencetuskan keluhan perut kembung atau begah dan membuatnya menjadi semakin parah.

1. Sayuran kubis

Kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, kale, wortel, dan asparagus merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di saluran cerna. Selain itu, jenis sayuran tersebut juga mengandung raffinose, yaitu gula yang sulit dicerna. Jadi, jika kamu mengonsumsi sayuran itu, apalagi saat perut sedang kembung, keluhan bisa jadi semakin parah.

2. Apel - Mangga

Jika perut sedang kembung, sebaiknya urungkan niat kamu untuk mengonsumsi buah apel. Faktanya, apel mengandung jenis gula alami yang tergolong sulit untuk diserap oleh saluran cerna. Selain apel, ada nanas, pir, anggur, dan mangga juga mengandung gula yang sulit dicerna. Karenanya, buah-buahan tersebut juga berpotensi menyebabkan dan memperparah keluhan perut kembung.

 

3. Cokelat

Makanan selanjutnya adalah cokelat. Cokelat disebut-sebut dapat meningkatkan peregangan di lambung, sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Alhasil, terjadinya perut kembung atau begah tak bisa dihindari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Pencetus Perut Kembung

4. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum dikenal memiliki kadar serat tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut kembung atau begah. Bila merasa sedang perut kembang, maka hindari dulu konsumsi gandum.

5. Susu dan produk olahannya

Susu, keju, yoghurt, dan produk olahan sejenis mengandung laktosa di dalamnya. Jika kamu adalah penderita intoleransi laktosa, jenis makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik sehingga memicu keluhan perut kembung.

6. Minuman bersoda

Kalau yang satu ini pasti sudah tahu semua. Minuman bersoda mengandung gelembung-gelembung udara yang dapat terperangkap di dalam saluran cerna. Hal itulah yang dapat meningkatkan kadar gas dalam usus, sehingga perut terasa kembung dan begah.

Makanan-makanan di atas berpotensi lebih tinggi untuk menyebabkan perut kembung, khususnya jika kamu berada pada kondisi stres, mengonsumsinya secara berlebihan atau terlalu cepat.

Selain membatasi makanan yang dapat memicu perut kembung, kamu juga dapat mengatasi masalah perut kembung dengan obat berbahan alami, seperti jahe merah, nanas, royal jelly dan madu, adas, peppermint, kunyit, serta akar manis/

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.