Sukses

Hanya Ada Satwa Liar, Pulau Tak Berpenghuni di Skotlandia Dijual Rp900 Jutaan

Luas pulau tak berpenghuni di Skotlandia itu mencapai 22 hektare.

Liputan6.com, Jakarta - Isle of Carn Deas di pantai barat Skotlandia dijual seharga 70 ribu dolar AS atau setara Rp996 juta. Pulau ini seluas 22 hektare dan berjarak 1,5 mil dari desa terdekat, Achiltibuie, desa yang memiliki sekitar 300 penduduk, menurut Daily Record.

Dilansir dari Insider, Senin (6/9/2021), Carn Deas memang tak berpenghuni. Namun, pulau ini memiliki banyak satwa liar, termasuk lumba-lumba, ikan paus, hingga hiu penjemur, menurut siaran pers dari Goldcrest Land & Forestry Group.

Siaran pers menambahkan pulau ini juga memiliki tebing, teluk kecil, pantai berkerikil, dan perairan. Wilayah perairan dapat digunakan untuk olahraga air seperti berlayar, scuba diving, dan snorkeling.

Seorang juru bicara Goldcrest menyebut kepada Insider bahwa pulau itu "tidak memiliki bangunan sama sekali." "Mungkin saja dibangun kabin kecil, tapi itu harus direncanakan," kata juru bicara itu.

Carn Deas adalah bagian dari Summer Isles, sebuah kelompok pulau di pantai barat. Pulau ini mendapatkan namanya dari petani lokal yang secara historis menggembalakan domba mereka di sana di musim panas, siaran pers menambahkan.

Pulau-pulau lain dalam kelompok ini, termasuk Carn Iar dan Carn Beag yang juga tidak berpenghuni. Carn Deas dapat dicapai melalui perjalanan perahu selama 25 menit dari Dermaga Badentarbat atau Pelabuhan Old Dornie, menurut laman Goldcrest.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Peristirahatan

Carn Deas sangat istimewa dan menawarkan tempat peristirahatan yang sempurna bagi seseorang yang mencari tempat mereka dapat pergi ketika mereka benar-benar ingin melarikan diri dari semua itu," Fenning Welstead, seorang pendiri di Goldcrest kepada Insider.

"Di sana, mereka dapat menikmati tempat berkemah pribadi dan membenamkan diri di beberapa lingkungan paling indah di Skotlandia," tambahnya.

Dilansir dari Fox Business, menurut materi pemasaran, hanya kapal sewaan pribadi kecil yang dapat mencapai Isle of Carn Deas. Hal tersebut dikarenakan perairan sekitar pulau ini dangkal.

Pembeli pulau tersebut akan memiliki Isle of Carn Deas. Namun, tanah tersebut juga terhubung dengan Isle of Carn Iar yang berdekatan melalui hamparan pasir yang menjorok ke laut.

 
3 dari 4 halaman

Pulau Paling Terpencil

Dilansir dari National Geographic, Senin, 30 Agustus 2021, Tristan da Cunha disebut-sebut sebagai tempat paling terisolasi di dunia. Berada di tengah-tengah Atlantik, Tristan da Cunha dianggap sebagai pulau terpencil di Bumi.

Alasan utamanya, lokasi Tristan da Cunha sangat jauh dari pulau-pulau lainnya. Lokasinya berada sekitar 2.816 kilometer dari Afrika Selatan dan 3.360 kilometer dari Amerika Selatan. Sementara satu-satunya dataran terdekat dari Tristan da Cunha adalah Saint Helena yang berjarak 2.430 kilometer.

Ditemukan pada 1560, Tristan da Cunha atau kadang disebut TDC, mengambil nama penemunya, yaitu Tristao da Cunha. Pulau yang dihuni sekitar 267 orang (sampai 2020) ini dianeksasi oleh Kerajaan Inggris pada 1816.

Inggris memang sudah memberikan banyak fasilitas umum, seperti rumah sakit dengan perawatan gigi, ruang operasi dan toko penyedia bahan makanan. Namun karena lokasinya yang terpencil, penduduk setempat harus memesan sejak jauh-jauh hari, misalnya beberapa minggu atau beberapa bulan sebelumnya.

Mayoritas penduduk Tristan da Cunha adalah petani. Bagi Anda yang senang dengan ketenangan, Tristan da Cunha jadi tempat yang tepat untuk 'kabur' sementara waktu.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Gua Langse

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.