Sukses

Kelas Gratis Mengelola Bisnis Secara Digital untuk Pelaku UMKM

Berdasarkan catatan, baru 16 persen dari total sekitar 60 juta UMKM yang bergerak ke arah digitalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sektor UMKM begitu terdampak dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Upaya demi upaya dilancarkan berbagai pihak guna mendongkrak digitalisasi UMKM di kala pandemi.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, tercatat sekitar 45 persen pelaku usaha kecil hanya mampu bertahan selama tiga bulan di pandemi. Di masa ini, transformasi teknologi berperan penting agar produk UMKM berdaya saing lebih luas.

Namun, baru sekitar 11 juta UMKM yang terjun ke digitalisasi atau hanya 16 persen dari total sekitar 60 juta UMKM. Teknologi digital diharapkan membawa UMKM naik kelas dan bangkit dari dampak pandemi.

Merujuk dari kondisi tersebut, Siberkreasi dan Kemenkominfo menggaet INFINA, platform pemasaran digital, menghadirkan Pekan Pelaku UMKM (PPKM). Acara tersebut diisi dengan delapan kelas daring gratis disertai sertifikat resmi dari Kominfo.

Acara ini mengusung misi ingin menjangkau lebih banyak para pelaku UMKM agar kian cakap dalam digital dan menerapkan ilmu ekonomi berbasis digital. Bakal ada pula berbagai tips dan trik bagi para pelaku UMKM yang akan dibagikan untuk transformasi ke dunia digital.

"Program ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian untuk mewujudkan agenda transformasi digital yaitu menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting didalamnya," kata Semuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo.

"Sebagai tingkat yang paling dasar, kemampuan literasi digital merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi, namun juga cermat menggunakannya," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terhubung Cepat dengan Pelanggan

Pemanfaatan teknologi digital akan menarik minat pelanggan yang mencari produk dan jasa UMKM dengan mudah di internet dan marketplace. Pelanggan dan juga calon pelanggan dapat terhubung langsung dengan UMKM melalui berbagai layanan digital platform yang disediakan UMKM dengan lebih cepat dan mudah mengaksesnya dari mana saja.

"Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan, kita akan menjadi semakin kuat dalam memajukan UMKM Indonesia," kata Oktora Irahadi, CEO INFINA.

"Deretan para ahli di bidangnya akan memberikan tips and trik yang praktikal kepada peserta untuk memanfaatkan platform digital dalam menjalankan bisnisnya dan segera mendapat hasil, dan tentunya mengajak pelaku UMKM untuk makin mahir dalam literasi dan kecakapan digital," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Pekan Pelaku UMKM (PPKM) memiliki sejumlah kelas setiap harinya pukul 16.00--17.30 WIB mulai 3--10 September 2021 yang akan dipandu langsung oleh Oktora Irahadi selaku CEO INFINA melalui Zoom. Ada beragam kelas yang dengan bahasan berbeda.

Pada 6 September 2021 menghadirkan kelas bertema "Membangun Komunitas untuk berjualan Online" bersama dengan Denny Santoso yang akan dipasangkan dengan mitra jejaring Siberkreasi dari Iwitacreative Ibu Martha Simanjuntak. Pada 7 September 2021 ada kelas bertema "Branding bikin produk jualanmu laku 3x lipat dari harga aslinya" yang akan diisi bersama Dodi Zulkifli yang akan dipasangkan dengan mitra jejaring Siberkreasi Dennis Adhiswara.

Kelas bertema "Upgrade konten sosial media tokomu, pikat pembeli ke tokomu" akan digelar 8 September 2021. Kelas ini dibawakan oleh Dewaeka Prayoga dan dipasangkan dengan mitra jejaring Siberkreasi yaitu perwakilan dari Grab.

Kelas "Badai Cuan Jualan di E-Commerce" yang dibawakan oleh Richard Putra dan mitra jejaring Siberkreasi perwakilan dari Tokopedia pada 9 September 2021. Lalu, pada 10 September 202, kelas bertema "Strategi mengelola sosial media untuk berjualan online" dibawakan oleh Christian Sugiono yang akan dipasangkan dengan mitra jejaring Siberkreasi dari TikTok Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.