Sukses

7 Manfaat Baby Oil untuk Perawatan Rambut, Jaga Kulit Tetap Lembab Hingga Basmi Kutu

Baby oil yang kerap digunakan untuk bayi ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya baby oil. Baby oil merupakan produk yang dihasilkan dari penyulingan minyak mentah berbasis petroleum. 

Baby oil umumnya dioleskan ke kulit bayi agar lembut, halus, dan wangi. Produk ini juga baik digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit bayi, baby oil ternyata memiliki ragam manfaat untuk orang dewasa lho. Salah satunya adalah untuk perawatan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat baby oil untuk perawatan rambut seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Melembapkan Kulit Kepala

Baby oil bekerja dengan cara membuat penghalang kulit. Penghalang ini dapat mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Cara tersebut membuat baby oil dapat digunakan untuk mengunci setiap kutikula rambut.

Baby oil bisa menjadi pilihan untuk mengunci kelembapan alami saat kamu tengah mengeringkan dan menata rambut. Tak cukup di situ, kemampuan baby oil bisa membantu menjaga kelembapan dari kerusakan akibat paparan angin dan sinar matahari.

2. Menenangkan Kulit Kepala yang Kering

Kulit kepala yang sehat dapat membuat rambut lebih kuat dan lebih lembut. Sebaliknya kulit kepala yang tidak sehat dan kering bisa menyebabkan kulit bersisik dan ketombe. Kondisi ini akan merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. 

Dengan baby oil yang bisa menjaga kelembapan kulit kepala, maka kamu bisa mencegah kekeringan dan munculnya serpihan akibat sisik di rambut. Aplikasikan baby oil di akar rambut sebelum kamu keramas bisa membantu mencegah kulit kepala yang kering.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menguatkan Rambut

Rambut memiliki banyak pori yang membuatnya dapat menyerap banyak air. Karena sifat inilah setiap helai rambut bisa membengkak, yang bisa berujung pada kondisi rambut rapuh dan rusak. Ditambah lagi dengan kebiasaan meregangkan, menarik, dan menggunakan produk kimia seperti pewarna, membuat rambut semakin rentan dari kerusakan.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan baby oil yang memiliki kemampuan untuk mengurangi jumlah pori-pori rambut. Aplikasikan baby oil di akar rambut sebelum kamu keramas sehingga penyerapan air ke dalam rambut dapat berkurang. 

4. Bantu Rambut Lebih Halus

Ingin rambut lebih halus? Kamu bisa gunakan baby oil sebagai bagian perawatan setelah mandi. Tak hanya rambut lebih halus, kemungkinan untuk berkilau dan tidak kusut mengembang juga bisa kamu dapatkan.

Oleskan sedikit saja minyak di rambut yang masih basah setelah keramas. Minyak akan menutup tiap kutikula, sehingga dapat mencegah kerusakan rambut akibat panas dari pengering rambut atau alat penata rambut lainnya.

5. Permudah Penataan Rambut

Gunakan sedikit baby oil untuk membantu menata dan menahan rambut. Tidak seperti gel rambut dan hairspray, baby oil tidak akan membuat rambut keras atau meninggalkan kerak.

Kamu juga tidak perlu menggunakan serum rambut untuk membuat rambut mudah ditata. Cukup menggunakan baby oil dapat menata rambut dengan mudah dan murah.

 

3 dari 3 halaman

6. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

6. Pelindung Rambut dari Klorin

Oleskan baby oil pada rambut sebelum berenang di kolam renang atau menggunakan hot tub. Minyak melindungi rambut dan kulit kepala dari bahan kimia seperti klorin di dalam air. 

7. Membasmi Kutu Rambut

Kutu bisa menyerang rambut dan memberi efek gatal pada rambut. Ketika kutu bertelur yang menetas dengan cepat, serangan kutu dapat berkembang dengan cepat. Baby oil bisa menghilangkan kutu yang cukup efektif.

Baby oil dapat membantu mengobati kutu kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Tutupi kulit kepala dan rambut dari akar hingga ujung dengan baby oil. Biarkan selama setidaknya 8 jam sebelum dibilas. Minyak bayi membantu menyingkirkan kutu dan telur kutu. Untuk hal lebih efektif, kamu bisa kombinasikan baby oil dengan bahan khusus untuk melawan kutu rambut.

Baby oil adalah salah satu produk yang multifungsi. Tak hanya untuk perawatan kulit bayi dan rambut orang dewasa, tapi juga sering dijadikan sebagai pembersih riasan wajah. Meski memiliki segudang manfaat bagi kulit hingga rambut, reaksi alergi bisa saja muncul saat menggunakan baby oil.

Untuk informasi lainnya mengenai kesehatan rambut, kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit dokter spesialis kulit atau biasa disebut dermatolog.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini