Sukses

Kolaborasi Brand Kopi dan Kosmetik Hasilkan Produk Scrub untuk Badan dan Bibir

Produk scrub itu menjadi inovasi terbaru Kopi Kenangan dengan menggandeng Somethinc.

Liputan6.com, Jakarta - Brand lokal makin aktif berkolaborasi. Kali ini giliran Kopi Kenangan yang menggandeng Somethinc menggarap produk skincare berbahan kopi.

Penggabungan dua brand berlatar industri dan keahlian berbeda itu menghasilkan Coffeeinc Body Scrub dan Coffeeinc Lip Scrub. Sama-sama produk scrub, tetapi keduanya berbeda fungsi, yakni untuk tubuh dan bibir.

"Kerja sama dengan Somethinc merupakan bentuk saling dukung terhadap eksistensi brand lokal di Indonesia," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Ia menerangkan bahwa titik awal kolaborasi berangkat dari pemahaman bahwa kopi bukan hanya bisa dinikmati dengan cara diminum, tetapi juga bisa digunakan untuk merawat kulit. Pihaknya kemudian meminang Somethinc yang dipercayai keahliannya dalam memproduksi produk perawatan kulit sesuai ekspektasi mereka.

"Ini menjadi salah satu inovasi Kopi Kenangan untuk terus mengeluarkan produk lokal berkualitas," sambung Edward.

Hal itu diamini founder Somethinc, Irene Ursula. Ia menilai menuangkan konsep kopi dalam produk perawatan tubuh adalah sangat tepat.

"Kami rasa sangat tepat untuk menemani waktu bersantai di rumah dengan tema self-pampering," sambung dia.

"Kami berharap kolaborasi antara Kopi Kenangan dan Somethinc ini membuat masyarakat semakin percaya bahwa produk brand lokal Indonesia juga dapat bersaing dengan produk dari brand luar negeri. Kami mengembangkan berbagai inovasi untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan pasar dengan menghadirkan kualitas terbaik bagi para konsumen," imbuh Edward.

Produk kolaborasi Kopi Kenangan dan Somethinc ini akan dijual dalam bentuk bundle berisi kolaborasi exclusive tumbler Lid Cup Somethinc dan Kopi Kenangan dan bisa didapatkan mulai 31 Agustsus 2021 di 30 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek. Konsumen juga bisa membelinya bisa daring.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Dasar

Irene menerangkan, selain menggunakan kopi sebagai bahan dasar, dua produk scrub itu juga diperkaya dengan beragam bahan lain. Di antaranya sweet almond oil, minyak kelapa, minyak zaitun, butiran garam laut dan gula halus. Kandungan bahan itu dipercaya membantu melembabkan dan menenangkan kulit saat kulit dieksfoliasi.

"Kopi memang sejak dulu dikenal sebagai bahan unggulan dalam berbagai produk perawatan kulit. Kandungan antioksidan yang dimiliki kopi dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini," ujarnya.

Antioksidan pada kopi, sambung dia, membantu mencegah penurunan kadar kolagen dan meningkatkan produksi elastin, sehingga kulit terasa lebih kencang. Selain itu, antioksidan juga memberikan efek menenangkan kulit sehingga dapat mengatasi dampak buruk paparan sinar matahari atau penggunaan produk tertentu.

Tidak hanya itu, kopi juga mengandung asam klorogenat yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga dapat melindungi kulit dari iritasi. "Dengan berbagai kandungan tersebut, Coffeeinc Body Scrub dan Lip Scrub akan sangat bermanfaat mengangkat sel kulit mati, mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori, dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit lewat kandungan kafeinnya," imbuh dia.

3 dari 4 halaman

Aroma dan Tekstur

Liputan6.com berkesempatan mencoba kedua produk tersebut. Pertama-tama saya mencoba scrub untuk badan terlebih dulu. Kemasan produknya cukup handy dan ringan sehingga bisa dibawa ke mana-mana tanpa memakan tempat. Yang lebih menarik lagi, kemasannya diklaim bisa terurai alami karena terbuat dari wheat grain.

Sesuai petunjuk pemakaian, sebelum dipakai, tubuh harus dibasahi terlebih dulu. Selanjutnya, scrub digosok-gosokkan ke seluruh badan dengan gerakan memutar sekitar 10 menit.

Tekstur scrubnya tidak terlalu kasar hingga membuat kulit kemerahan. Meski demikian, cukup efektif untuk mengangkat daki dan melembutkan kulit. Aroma kopinya juga lembut dan menenangkan.

Sementara, produk lip scrub tidak disertai dengan petunjuk pemakaian. Karena itu, saya hanya mengoleskannya di bibir saja. Arom kopinya juga tidak sekuat di produk scrub tubuh. Hanya tercium samar-samar. Setelah dioleskan selayaknya lip balm, bibir terasa lebih lembab. 

 

4 dari 4 halaman

Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.