Sukses

Deretan Cara Terbaik untuk Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan, tapi juga memicu timbulnya masalah lain.

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah yang umum dialami banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Penyebab umum bibir kering dan pecah-pecah adalah kebiasaan menjilat bibir, kondisi lingkungan, alergi dan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit tiroid, kekurangan vitamin, dan penyakit radang usus.

Bibir kering dan pecah-pecah tidak hanya membuat seseorang merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan, tapi juga memicu timbulnya masalah lain seperti sariawan, bibir berdarah hingga rasa nyeri.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah sekaligus menjaga bibir tetap lembab dan sehat.

1. Minum air cukup

Pastikan untuk memenuhi kecukupan asupan cairan setiap harinya. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari. 

2. Stop kebiasaan menjilat, menggigit, dan mengelupas bibir

Ingin bibir selalu sehat, hentikan kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Stop kebiasaan menjilat, menggigit, dan mengelupas bibir

3. Hindari merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir iritasi, kering, dan pecah-pecah. Karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok Anda.  

4. Konsumsi vitamin C dan B

Salah satu vitamin yang dapat membantu regenerasi kulit dan menyembuhkan luka adalah vitamin C. Karena itu, rutin konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C bisa membuat bibir lebih sehat.  

Vitamin B juga berkontribusi pada kulit yang sehat, kekurangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, bibir pecah-pecah, kekeringan, dan ruam. Kadar seng dan zat besi yang rendah juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, terutama di sudut mulut. Makan banyak makanan kaya vitamin B2 seperti telur dan daging tanpa lemak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Gunakan pelembab bibir yang tepat

Sekarang ini tersedia berbagai pilihan pelembab bibir. Namun, kamu harus memilih produk dengan kandungan yang tepat, misalnya ceramide, petrolatum, shea butter, petroleum jelly. Hindari lip balm dengan kandungan kampor, eukaliptus, menthol, dan asam salisilat karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit bibir. 

Pastikan pelembab bibir yang kamu pilih sudah tersertifikasi oleh BPOM. Untuk melembabkan bibir, kamu bisa mencoba dengan lip balm dengan aroma buah yang menyegarkan dan manis. Tidak hanya memiliki manfaat melembabkan bibir, tetapi juga dapat menyamarkan bekas luka, membantu mengatasi ruam.

Aplikasikan pelembab bibir saat sebelum tidur dan beberapa kali di siang hari. Oleskan lip balm terutama di bagian yang kering dan pecah. Penggunaan secara rutin dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

6. Gunakan scarf, masker dan topi

Untuk melindungi wajah dan bibir dari paparan sinar matahari yang menyengat dan juga udara dingin, gunakan scarf, masker dan topi. 

Sementara untuk mengantisipasi penyebab bibir kering dan pecah-pecah karena alergi dan kondisi kesehatan tertentu, kamu sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.