Sukses

Cerita Pemuda Sukses Jadi Motivator, Pernah Diremehkan Saat Keliling Jualan Bakso

Motor dan gerobak pemuda ini pernah terbakar karena seorang teman yang iseng mengerjainya.

Liputan6.com, Jakarta - Meraih kesuksesan memang bukan hal mudah. Ada begitu banyak cerita tentang perjuangan dan pengorbanan seseorang untuk mencapai sukses. Cerita seperti itu bisa menginspirasi kita semua, untuk tak takut punya mimpi dan jangan ragu untuk mewujudkannya.

Seperti pemuda satu ini, yang memulai kesuksesannya dari jualan bakso malang di sekolah. Pemuda bernama Muhammad Fikri Mabruri ini membagikan sebuah cerita dalam akun TikToknya @manusia.ratarata, tentang perjalanannya untuk menggapai sukses di usia muda.

Dalam beberapa video yang dibagikan, Fikri bercerita kalau dia tak malu membawa gerobak dagangan bakso khas Malang miliknya. Dengan masih memakai seragam, ia berjualan di waktu istirahat sekolah, dan berkeliling setelah jam sekolah usai.

Fikri menuliskan kalau ia melakukannya sekitar lima tahun lalu yaitu pada 2016. "Setiap hari harus bangun jam 4 pagi buat nyiapin semua (masak dan lain-lain). Berangkat sekolah sambil bawa dagangan pakai motor, pakai seragam sekolah," tulisnya dalam video tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Putus Asa saat Motor dan Gerobak Terbakar

Ketika teman sebayanya bermain dan mengisi perut di jam istirahat sekolah, Fikri memilih untuk berjualan. Setelah jam istirahat selesai, ia pun mencuri waktu untuk makan di kelas. Bukan hanya di hari sekolah saja, saat libur pun ia tetap berjualan bakso di pasar untuk tambahan uang saku.

Tentu saja, usaha ini tak selalu berjalan mulus. Bahkan, menurutnya, motor dan gerobaknya pernah terbakar karena seorang teman yang iseng mengerjainya.

Karena kurang istirahat, ia juga sering kelelahan dan sampai mengalami mimisan. Namun, usaha kerasnya tersebut membuahkan hasil. Berkat dukungan dan doa dari orangtuanya, Fikri akhirnya bisa membuka sebuah kedai bakso Malang. Ia pun bisa berkuliah dengan beasiswa hingga usahanya tersebut terus berkembang dan mempunyai kedai bakso sendiri.

Saat ini, ia dikenal sebagai seorang motivator muda yang kerap diundang sebagai pembicara di beberapa seminar wirausaha. Salah satunya, ia diundang ke program bincang-bincang di televisi swasta bersama Deddy Corbuzier.

3 dari 5 halaman

Punya Mobil

Dalam sebuah video, Fikri juga memperlihatkan sudah mempunyai mobil sejak 2018 lalu. "Dapet beasiswa wirausaha dari Mien R. Uno, bisa beli mobil dengan hasil kerja keras sendiri, walaupun cuma mobil biasa," tulisnya.

Mien R Uno adalah seorang tokoh pendidikan sekaligus pengusaha Indonesia yang merupakan ibunda dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Ia juga membagikan unggahan yang cukup menohok, terutama bagi orang-orang yang telah menghina dan meremehkannya selama ini.

"Buat temen² yg dulu ngehina aku, dan temen yg iseng bakar motor dan gerobak ku, semoga lu liat. Wkwk," tulisanya dalam keterangan video saat dirinya berpose di depan mobil miliknya. Cerita inspiratif ini pun begitu menarik banyak perhatian warganet hingga membuat mereka merasa terinspirasi.

4 dari 5 halaman

Kuliah dan Kembangkan Usaha

Salah satu video yang diunggah Fikri, sampai berita ini ditulis ini telah dilihat lebih dari 3,5 juta kali dan disukai lebih dari 414 ribu kali.  "Ini baru menginspirasi. Patut ditiru perjuangannya. Ingat dunia itu keras, bagi yang tak mau berjuang akan tertinggal. Mari bangkit dari rebahan," komentar seorang warganet.

"Gue malu ngeliat diri gue setelah nonton video li bang, sekarang jadi semangat!" timpal warganet lainnya. Dari sejumlah komentar, Fikri diketahui berasal dari Salatiga, Jawa Tengah dan pernah bersekolah di SMK 2 Salatiga.

Tak mau berpuas diri, dalam sebuah video saat diwawancarai Deddy Corbuzier, Fikri mengatakan ingin melanjutkan kuliah dan mengembangkan usahanya agar lebih maju lagi. Sesuai dengan cita-citanya menjadi pengusaha di bidang IT sekaligus kuliner, ia mengaku ingin mengambil kuliah di bidang Teknologi Informatika. Selain itu, Fikri juga ingin terus menjadi motivator agar bisa memberikan inspirasi bagi sesama.

5 dari 5 halaman

Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.