Sukses

Anies Baswedan Bagikan Informasi Terbaru Revitalisasi Gereja Immanuel Jakarta

Gereja Immanuel Jakarta diharapkan dapat menjadi sarana edukasi terhadap masyarakat mengenai nilai penting Bangunan Cagar Budaya

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan informasi terbaru seputar pemugaran atau revitalisasi terhadap Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta sudah menerbitkan surat rekomendasi pemugaran Gereja Immanuel Jakarta.

Penerbitan surat ini berdasarkan pertimbangan dari Tim Sidang Pemugaran. Surat dengan Nomor 2109/-1.853.15 ditandatangani pada tanggal 21 April 2021 di disampaikan kepada pihak Gereja Immanuel, terkait Rencana pekerjaan revitalisasi arsitektur dan lansekap Gereja Immanuel.

Menurut Anies dalam unggaham di akun Instagramnya, Sabtu, 28 Agustus 2021, pengerjaan revitalisasi Gereja Immanuel Jakarta sedang dilakukan. Saat ini sudah memasuki tahap pengerjaan bagian atap sirap dan dinding interior.

"Gereja Immanuel Jakarta, Gereja yang dibangun Pemerintah Hindia Belanda dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya melalui Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 475 Tahun 1993 tentang Penetapan Bangunan-Bangunan Bersejarah di Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Benda Cagar Budaya," tulis Anies.

Bangunan gereja ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi terhadap masyarakat mengenai nilai penting Bangunan Cagar Budaya Gereja Immanuel sebagai bukti eksisting dalam rangkaian sejarah perjuangan Bangsa. Gereja ini bergaya arsitektur Imperial yang merupakan bagian dari beo klasik dan mendapat pengaruh Barok dan Rokoko pada interiornya.

Gereja yang terletak di persimpangan Jalan Merdeka Timur dan Jalan Pejambon ini memiliki halaman yang luas. Memasuki area gereja, pepohonan rindang memberikan kesejukan di tengah panasnya udara Ibu Kota Jakarta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beribadah dan Berkunjung

Bangunan megah berwarna putih dengan lambang salib di depannya menjadi penyambut kedatangan masyarakat yang hendak beribadah atau sekadar berkunjung. Meskipun terlihat besar dan megah dari luar, luas gereja itu ternyata hanya 962 meter persegi saja.

Gereja ini memiliki desain neo-klasik yang merupakan perpaduan dari kebudayaan Yunani dan Romawi. Anda akan melihat deretan bangku yang disusun dengan karpet warna merah saat memasuki gereja.

Area yang bisa dibilang tidak cukup luas itu memiliki langit-langit yang menjulang tinggi. Hal tersebut dimaksudkan agar sirkulasi udara lancar, sebab dahulu pendingin udara belum ada seperti saat ini.

3 dari 4 halaman

Suara yang Menggema

Gereja Immanuel Jakarta terdiri dari dua lantai. Lantai satu memuat deretan kursi dengan mimbar di depannya. Sedangkan di lantai dua, Anda bisa melihat kursi yang melingkar setengah lingkaran menghadap ke mimbar.

Selain itu, terdapat pula orgel tuayang telah ada sejak 1843. Orgel adalah sebuah alat musik sejenis piano yang akan menghasilkan suara dengan menekan pipa organ yang dipilih melalui sebuah keyboard.

Organ pipa yang ada di gereja tersebut disebut-sebut masuk ke dalam tiga organ pipa tertua yang ada di dunia. Meskipun umurnya sudah tua, organ pipa itu hingga saat ini masih sering difungsikan saat ada orang beribadah. Bahkan, orgel tersebut memiliki suara yang menggema jika dibunyikan.

Gereja yang terbilang tua ini selain difungsikan sebagai tempat ibadah pernah pula sebagai lokasi syuting salah satu film Indonesia. Dengan desainnya yang menarik dan unik, Anda bisa menjadikan gereja tersebut sebagai latar belakang untuk berfoto.

4 dari 4 halaman

Vaksinasi Covid-19 Lampaui Target, Jakarta Sudah Aman?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.