Sukses

Patung Putri Diana Bakal Buka Secara Khusus di Hari Peringatan Kematiannya

Peringatan 24 tahun kematian Putri Diana akan jatuh pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Patung Putri Diana akan secara khusus dibuka untuk publik sebagai bagian peringatan 24 tahun kematiannya pada Selasa, 31 Agustus 2021. Karena pandemi, melansir Hello, Jumat (27/8/2021), Istana Kensington dan kebunnya mengurangi hari buka.

Karena itu, spot turis yang juga merupakan kediaman resmi Pangeran William, Kate Middleton, dan ketiga anak mereka ini hanya dapat diakses oleh umum dari Rabu hingga Minggu. Tapi, sebagai penghormatan pada Princess of Wales, aturan khusus dibuat.

Dijelaskan bahwa pada hari peringatan kematian Putri Diana, pengunjung dapat melihat patung dari Cradle Walk di sekitar Taman Sunken. Jam kunjungannya sendiri berlangsung pada pukul 15.00--17.00, waktu setempat.

Sebelumnya, patung kreasi Ian Rank-Broadley ini telah diresmikan kedua putra Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry, selama upacara pribadi pada 1 Juli lalu. Penyelenggaraannya sekaligus menandai ulang tahun ke-60 ibu mereka.

Seorang juru bicara Istana Kerajaan Bersejarah mengatakan, "Kami mengakui bahwa akan ada minat untuk melihat patung Princess of Wales pada hari itu (hari kematian Putri Diana). Jadi kami akan menyediakan akses ke Cradle Walk yang pada dasarnya adalah jalan setapak yang indah di sekitar Taman Sunken."

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa akses menuju patung Putri Diana tersedia secara gratis. "Kami akan membukanya untuk siapa saja yang ingin mampir dan mengambil momen pada hari Selasa itu, khusus untuk peringatan itu," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail Patung Putri Diana

Patung tersebut menunjukkan Putri Diana dikelilingi tiga anak dan menggambarkan figur sang putri di tahun-tahun terakhir hidupnya. Di bawah patung ada alas yang diukir dengan nama Diana dan tanggal pembukaannya.

Terdapat pula sebuah batu paving diukir dengan kutipan puisi The Measure of A Man. "Ini adalah unit untuk mengukur nilai, dari wanita ini sebagai seorang wanita terlepas dari kelahirannya," bunyi puisi itu.

"Bukan apa posisinya, tapi apakah ia punya hati? Bagaimana ia memainkan perannya yang diberikan Tuhan?"

Puisi yang dimaksud sebelumnya telah ditampilkan dalam peringatan 10 tahun meninggalnya Putri Diana. Sebagaimana diketahui, mantan istri Pangeran Charles itu meninggal pada usia 36 tahun dalam kecelakaan mobil di Paris tahun 1997.

3 dari 4 halaman

Duta Besar Tujuan Kemanusiaan

Sementara, keputusan untuk mengikutsertakan anak-anak dalam patung merupakan bentuk penghormatan pada kemampuan khusus Putri Diana menjalin ikatan dengan orang lain, terutama anak-anak muda. Semasa hidup, ia bekerja erat dengan banyak badan amal yang fokus pada anak-anak.

Masuk dalam daftar itu adalah rumah sakit anak-anak dan dukungan untuk remaja tunawisma. Badan amal Diana Award juga bekerja untuk mengembangkan dan menginspirasi perubahan positif dalam kehidupan kaum muda.

Istana Kensington mengatakan, Putri Diana telah "mendapatkan kepercayaan dalam perannya sebagai duta besar untuk tujuan kemanusiaan." Patung itu bertujuan "menyampaikan karakter dan belas kasihnya."

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.