Sukses

Tak Ada Pembeli Sampai Malam, Penjual Pizza Beri Dagangannya ke Pemulung

Daripada pizza tersebut dibuang percuma, si penjual lebih memilih memberikannya kepada orang yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19, sektor ekonomi turut terdampak, termasuk usaha kuliner. Selain banyak karyawan yang harus di-PHK, para pedagang pun juga sepi karena daya beli masyarakat berkurang. Hal itu juga dialami oleh seorang penjual pizza di pinggir jalan yang videonya dibagikan oleh akun TikTok @pizzaapayacondet.

Dalam salah satu dari beberapa video yang diunggah baru-baru ini, terlihat seorang pria penjual pizza duduk menunggu pembelinya. Ia sudah menunggu sejak sore hari hingga malam hari, tapi belum juga ada pembeli.

Ia pun harus berpikir keras karena barang dagangannya itu masih utuh. Karena tak ada pembeli datang, dia pun hanya duduk sambil sesekali menyeruput minuman.

"jualan dari sore belum ada yg beli..," tulis keterangan di video tersebut. Pria itu kemudian memutuskan untuk mempromosikan pizza dengan cara duduk di dekat jalan sambil membawa semacam brosur dagangannya agar bisa dilihat para pengendara yang sedang lewat.

"akhirnya aku coba promosiin di jalanan..," tulis di video itu. Namun, promosi yang ia lakukan tidak juga membuahkan hasil. Hingga malam tetap tidak ada pembeli yang membeli pizzanya.

Karena sudah menunggu terlalu lama dan tidak ada pembeli yang datang, pria itu akhirnya memutuskan untuk menyumbangkan pizzanya kepada pemulung dan anak jalanan. Ia menganggap daripada pizza tersebut dibuang dengan percuma, akan lebih baik jika disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. 

"tapi tetep aja gada yang beli , akhirnya aku sumbangin aja deh ke pemulung," tulis di video tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terinspirasi

Cerita itu langsung menyita perhatian warganet. Banyak warganet merasa kasihan hingga memberikan dukungan untuk si penjual pizza. Sampai berita ini ditulis, salah satu video penjual pizza tersebut telah dilihat lebih dari 1,1 juta kai dan disukai lebih dari 48 ribu kali.

"larisin guys… mas ini lebih tangguh dari aku, aku pingin jualan juga, tapi ga ada nyali, takut ga ada yg beli," komentar seorang warganet. "semangat mas jualannya inget rejeki udh di atur kok sama tuhan,semoga cepet rame ya mas tempat jualannya," komentar warganet lainnya.

Pemilik akun kemudian menuliskan kalau pedagang pizza itu berjualan di Jalan Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. Warganet pun banyak yang penasaran dan mengaku ingin membeli pizza tersebut.

Di beberapa video berikutnya, terlihat kalau kedai penjual pizza itu sudah mulai banyak pembeli. Bahkan, ada pembeli yang mengaku terinspirasi dengan pria tersebut saat membagikan pizza pada pemulung dan anak jalanan. Mereka memesan beberapa bungkus pizza untuk dibagikan pada anak-anak di panti asuhan.

3 dari 4 halaman

Bantuan Kecil

Berbagi kebaikan memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Terkadang, bantuan sekecil apapun bisa sangat bisa membantu orang lain. Salah satu contohnya seperti kejadian yang dialami oleh pemilik akun TikTok @harbie16.

Dalam video yang ia unggah, pria bernama Harbie Kurnia ini membagikan cerita saat ia merasa lapar usai pulang dari bermain basket di malam hari. Ia kemudian membeli ketoprak di pinggir jalan.

Namun setelah mengecek dompet, rupanya uang tunainya habis.Harbie lantas mengatakan ingin membatalkan pesanan, tetapi pedagang tersebut mengatakan tak perlu khawatir. Ia mengatakan agar tetap membawa ketopraknya dan bisa dibayar besok.

Penjual itu bahkan memberi banyak kerupuk dan membuat Harbie terharu. Keesokan harinya Harbie datang kembali dan memberi uang sebesar Rp100 ribu tanpa meminta kembalian.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.