Sukses

Cerita MUA Rias Calon Pengantin Jawa yang Tak Keramas Selama 7 Hari

MUA itu menyebut lakon tak keramas selama tujuh hari merupakan bagian dari ritual adat calon pengantin.

Liputan6.com, Jakarta - Video Make Up Artist (MUA) sedang merias pengantin menggunakan ritual Jawa mendadak viral di dunia maya. Ritual pengantin tersebut mulai dari tidak keramas selama tujuh hari hingga menyalakan dupa.

MUA tersebut lalu mengunggah penjelasan tentang ritual adat tersebut lewat akun TikTok@makeupbyiirma, baru-baru ini. Ia juga memperlihatkan hasil riasannya.

"Ritual Jawa yang pernah kami tau di Lokasi Wedding," tulis pemilik akun tersebut sebagai keterangan video.

Dalam keterangan itu, ia menuliskan bahwa ia dan timnya bertugas merias pengantin di Blitar. Di wilayah itu berlaku beberapa ritual yang harus dijalani calon pengantin.

"Berikut beberapa ritual yang kami tahu saat hari itu," tulis akun tersebut dalam video. "Pengantin dan keluarganya tidak boleh keramas selama 7 hari sebelum acara berlangsung," imbuhnya.

Selain itu, perempuan bernama Irma itu juga mengatakan pengantin memakai gelang berwarna hitam. Gelang itu tidak boleh dilepas selama prosesi pernikahan berlangsung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyalakan Dupa

Selain tak boleh keramas selama tujuh hari, pengantin juga harus memilki keris hingga menyalakan dupa.

"Penyalaan dupa selama acara dan tidak boleh mati. Keris tidak dari perlas, melainkan dari keluarga sendiri," ungkap sang MUA.

Selain itu, terdapat sajen di sekeliling dupa. "Di daerah kalian ada ritual apa aja? Terlepas dari itu semua. Yang jelas Pengantinku saat itu auranya keluar banget," kata dia.

3 dari 4 halaman

Hasil Riasan

Selain lewat TikTok, hasil riasan MUA tersebut juga diunggah lewat akun Instagram pribadinya pada 7 Juli 2021 lalu.  "Yang suka riasan adat Jawa angkat tangan 😍," tulis pemilik akun tersebut sebagai keterangan video.

Warganet ramai mengomentari hasil riasan tersebut. Rata-rata yang mengomentasi memuji hasil riasan perempuan itu dan menyanjung pengantin tersebut.

"Makeupnya bagus + sanggulnya rapih 👍 cakepppppp sekali mbak," tulis seorang warganet. "Sukaaa banget🥰🥰🥰🥰semoga bisa berguru sama kak irma," imbuh warganet yang lain.

4 dari 4 halaman

Sampah Kemasan Produk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.