Sukses

Venesia Kerahkan Petugas Bersenjata untuk Atasi Kepadatan Wisatawan

Wisatawan yang memadati Venesia telah mencapai 80 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta - Potret kesunyian Venesia di tengah aturan penguncian wilayah sempat beredar dan membuat heboh di awal pandemi COVID-19. Para turis berjanji kembali ke kota yang tercatat sebagai wilayah jalur sutra tersebut setelah aturan perjalanan dilonggarkan.

Janji itu pun dipenuhi musim panas tahun ini. Sejak pembukaan pariwisata bagi warga Amerika Serikat, ditambah publik Eropa yang ingin bepergian menggunakan mobil, para wisatawan kembali memenuhi Venesia.

Kepadatan ini dapat dilihat dari panjang antrean di destinasi-destinasi wisata populer. Pada akhir pekan dan hari libur, antrean wisatawan ke dan dari destinasi populer jumlahnya bisa mencapai ratusan. Melansir CNN, Senin (23/8/21), minggu ini, Venesia dikunjungi 80 ribu pengunjung.

Antrean panjang ini telah jadi masalah, sehingga para petugas bersenjata dikerahkan untuk "mengendalikan padatnya wisatawan." Sejak akhir Juni, para petugas ditempatkan di halte vaporetto (waterbus) ketika hari kerja.

Kenaikan jumlah turis secara tiba-tiba membuat ketegangan di awal musim panas ini, usai Venesia terbiasa dengan jumlah wisatawan yang sedikit selama pandemi. Salah satunya tentang pembatasan jumlah penumpang angkutan umum.

Ketika turis mulai kembali ke Venesia, antrean panjang turis yang ingin kapal terjadi. Mereka pun sempat bentrok dengan personel kapal yang berusaha mengikuti peraturan kapasitas dan tidak mengizinkan turis untuk naik.

"Pengunjung melampiaskan kekesalan mereka pada para pekerja. Beberapa pekerja diserang secara fisik, ada yang diludahi, dihina, bahkan ditinju," ujar Danilo Scattolin, perwakilan legal untuk wilayah Veneto dari serikat pekerja Sindacato Generale di Base (SGB) yang mewakili beberapa pekerja ACTV (transportasi umum).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik-Titik Penjagaan

Para petugas kemudian didatangkan atas permintaan para pekerja. Walau tidak diwajibkan membawa senjata, mereka yang berizin akan membawa senjatanya.

Penjagaan dengan personel bersenjata tersebar di vaporetto, seperti Ca' d'Oro dan Rialto di Grand Canal, San Zaccaria (St. Mark's Square), Piazzale Roma (pintu gerbang ke arah Italia), dan San Basilio di distrik Dorsoduro. Selain itu, tampak penjaga di Pulau Murano dan Lido, titik antrean wisatawan yang ingin menaiki perahu.

"Sungguh pemandangan yang mengejutkan ketika melihat orang berjaga-jaga membawa senjata," ujar Caroline Jones, salah seorang warga Venesia.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Hal Baru

Menurut Jones, kehadiran petugas bersenjata merupakan satu-satunya tindakan untuk mengurangi kerumunan jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan. "Kehadiran seorang penjaga mungkin merupakan ide yang bagus ketika banyak orang marah-marah karena ruang kapal sedikit," ucapnya.

Menurut Thea Hawlin yang bekerja di Pulau Murano, antrean panjang ini sebenarnya bukanlah hal baru di Venesia. Sebelum pandemi COVID-19, penduduk setempat telah memotong jalan dan masuk melalui pintu keluar.

"Sekarang sudah kembali seperti dulu, tapi dengan adanya (pandemi) COVID-19 ini lebih membuat stress dan para pekerja tidak siap mengendalikan massa," ujar Hawlin. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.