Sukses

Toko Virtual, Cara Brand Lokal Rangkul Pelanggan di Masa Pandemi

Toko virtual ini dihadirkan supaya pelanggan merasakan pengalaman seperti belanja di toko.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak lagi bisa dibantah bahwa pandemi membuat ruang gerak kian terbatas. Berada di tengah kondisi ini, brand lokal turut melancarkan inovasi dan strategi untuk bertahan dan merangkul pelanggan yang lebih luas lagi.

Brand lokal asal Yogyakarta, Ederra, baru saja membuka toko di Jakarta, tepatnya di fX Sudirman. Hal tersebut akhirnya terwujud setelah penundaan berulang kali akibat pembatasan di masa pandemi Covid-19.

Terobosan menarik pun dihadirkan modest wear brand ini dengan meluncurkan toko virtual. Founder Ederra Indah Wahyu Wardani menyampaikan keterbatasan yang dihadapi membuat pihaknya merasa tertantang untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Akhirnya kita bikin virtual store karena orang masih belum bisa datang langsung ke mal atau belum bisa vaksin," kata Indah dalam konferensi pers vitual, Kamis (19/8/2021).

Menurut Indah, kehadiran toko virtual ini bertujuan membuat pelanggan merasakan pengalaman seperti belanja di toko. Meski transaksinya dilakukan secara online, baik langsung ke pihak Ederra atau melalui marketplace.

"Ini sesuatu yang baru. Strategi dan inovasi itu penting dan perlu banget, akhirnya kita coba strategi ini. Ke depannya kayak apa kita juga enggak tahun karena ini something new for us," tambahnya.

Tapi, semangat optimisme terus berkobar dengan tetap mencoba menghadirkan toko virtual. Indah menyebut, jika nanti butuh penyesuaian, ia dan tim akan melaksanakan hal tersebut.

"Harapan kami, strategi baru itu akan membawa kami ke langkah yang lebih lagi dari sebelumnya," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Opsi bagi Pelanggan

Di tengah beragam metode dan suguhan, kata Indah, tak jarang pelanggan jenuh dengan yang itu-itu saja. Alasan ini pula yang membawanya berupaya menyuguhkan sesuatu yang baru.

Selain menjaring pelanggan lebih luas, kehadiran toko virtual juga bermaksud merangkul konsumen lama. "Harapannya orang akan ingat ada Ederra, customer lama ingat Ederra dan istilahnya mencolek kami lagi," lanjutnya.

Indah menjelaskan, upaya tersebut menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis, yakni sering mengingatkan pelanggan mengenai eksistensi suatu brand. Besar harap Indah agar toko virtual yang dihadirkan menjadi solusi pelanggan untuk berbelanja.

"Kita harapkan jadi solusi untuk teman-teman yang belum bisa ke mal atau datang langsung, setidaknya bisa merasakan ambience. Nanti ketika sudah bisa ke mal, kita berikan (toko virtual) untuk customer di luar Jakarta yang ingin merasakan (seolah berbelanja langsung di toko)," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Seperti Belanja di Toko

Pelanggan dapat mengakses toko virtual brand yang berdiri sejak 2015 ini di situs web resmi Ederra. Langkah selanjutnya, pelanggan dapat klik pilihan 360 virtual store.

Saat sudah berada di toko vitual, pelanggan akan disuguhkan tampilan layaknya sedang berada di toko fisik. Deretan busana dan aksesori tertata dengan rapi dengan ruangan yang didominasi nuansa putih dan sentuhan emas pada tiang-tiang untuk menggantung baju dan hijab.

Toko virtual ini menampilkan ragam item fesyen, mulai dari blazer, atasan, tunik, hijab, hingga rok. Pada bagian belakang, tampak pula kamas pas yang dapat digunakan bagi mereka yang berkunjung secara langsung.

4 dari 4 halaman

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.