Sukses

6 Fakta Menarik Kabupaten Gowa yang Identik dengan Sejarah Kerajaan Gowa

Kerajaan Gowa yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin menunjukkan perlawanannya terhadap Belanda.

Liputan6.com, Jakarta - Gowa merupakan kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Makassar dan Kabupaten Maros di sebelah utara serta berbatasan Kabupaten Takalar dan Jeneponto di sebelah selatan.

Wilayah Kabupaten Gowa terbagi menjadi 18 kecamatan dengan total luas wilayah 1.883,32 kilometer persegi. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi yang tersebar di sembilan kecamatan yaitu Parangloe, Manuju, Tinggimoncong, Tombolo Pao, Parigi, Bungaya, Bontolempangan, Tompobulu, dan Burungbulu.

Pada 2020, jumlah penduduk Kabupaten Gowa sebanyak 765.836 ribu jiwa yang didominasi oleh Suku Konjo Pegunungan. Warga biasa menggunakan bahasa Makassar dalam keseharian. Lokasinya yang berdekatan dengan Kota Makassar membuat Kabupaten Gowa menjadi daerah pengembangan perumahan dan permukiman.

Tentunya, masih banyak hal-hal menarik lainnya yang dapat ditelusuri dari Kabupaten Gowa. Berikut enam fakta menarik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Jejak Kerajaan Gowa

Sejarah Kabupaten Gowa lekat dengan sejarah Kerajaan Gowa. Kerajaan itu didirikan pada 1320 oleh Kasuwiyang-Kasuwiyang, sebutan sembilan kerajaan kecil yang sebelumnya menguasai daerah tersebut.

Sejak kerajaan berdiri, banyak pencapaian yang didapatkan Kerajaan Gowa, antara lain perluasan kerajaan yang hampir meliputi seluruh Sulawesi Selatan dan perjuangan Sultan Hasanuddin mempertahankan perdagangan di laut lepas dari VOC.

Pada 1667 dibuatlah Perjanjian Bongaya (Cappaya ri Bungaya) yang ternyata merugikan Kerajaan Gowa. Setelah hampir 16 tahun melawan penjajah, Sultan Hasanuddin melepaskan jabatannya pada 1669.

Selama perkembangan sistem pemerintahan Indonesia, kabupaten ini juga mengikuti perubahannya sesuai dengan keputusan pemerintah, salah satunya pada 1957 kabupaten ini ditetapkan sebagai daerah tingkat II setelah pembubaran Daerah Indonesia Bagian Timur berdasarkan UUDS tahun 1950 dan Undang-Undang Darurat No. 2 Tahun 1957.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Batu Pallantikang

Batu Pallantikang atau Batu Pelantikan Raja merupakan tempat pelantikan raja-raja Gowa. Batu ini terletak di sebelah tenggara Kompleks Pemakaman Tamalate. Batu Pallantikang ini juga dikenal sebagai batu Tomanurung.

Dahulu, setiap raja Gowa yang memerintah bersumpah di atas batu. Batu Pallantikang ini merupakan batu asli yang terbuat dari batu andesit yang diapit oleh dua batu kapur. Masyarakat setempat meyakini, batu andesit merupakan batu dari dewa kayangan.

3. Air Terjun 3 Kerajaan dan Sungai Terbesar

Wilayah Gowa dilalui banyak sungai yang potensial menjadi sumber tenaga listrik dan pengairan. Sungai terbesarnya adalah Sungai Jeneberang yang juga sungai terbesar se-Sulawesi Selatan dengan luas 881 kilometer persegi dan panjang mencapai 90 km.

Pemerintah Kabupaten Gowa bekerja sama dengan Jepang pada 1992 membangun proyek DAM bili-bili seluas 2.415 kilometer persegi di atas Sungai Jeneberang. Pembangunan ini difungsikan untuk menyediakan air irigasi, konsumsi air bersih untuk Kabupaten Gowa dan Makassar, serta untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Gowa juga memiliki Air Terjun Bantimurung Gallang yang terletak di Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa. Terdapat dua sumber air terjun yang dikelilingi dengan pemandangan alam yang hijau. Tinggi air terjun ini mencapai delapan meter yang dikelilingi tebing.

Menurut sejarah, air terjun ini sudah ada sejak tiga kerajaan masih berdiri di Gowa, yaitu Kerajaan Ballasuka, Kerajaan Pao, dan Kerajaan Lombo. Pada zaman penjajahan Belanda, air terjun ini dijadikan tempat eksekusi bagi masyarakat yang melanggar hukum adat. 

4. Perkebunan Teh

Perkebunan teh tidak hanya dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat saja, Kabupaten Gowa di Sulawesi Selatan ini juga memiliki perkebunan teh. Perkebunan Teh Malino Highland terletak di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Daerah Malino ini, dihiasi oleh pemandangan gunung, batu gamping, dan pinus. Luas perkebunan mencapai 200 hektare. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata dari Kabupaten Gowa.

3 dari 4 halaman

5. Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena biasanya ditampilkan dalam pada acara-acara yang bersifat menghibur serta sebagai pelengkap dalam upacara adat. Penampilan Tari Kipas Pakarena dimainkan oleh lima hingga tujuh orang dengan menggunakan pakaian adat. Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini yaitu Gondrong Rinci, perpaduan antara genderang dan seruling.

Berdasarkan mitos, tari ini berasal dari momen perpisahan antara menghubungi negeri kayangan dengan penghuni bumi. Penghuni negeri kayangan mengajarkan cara bertahan hidup melalui gerakan badan dan kaki sebelum perpisah. Oleh warga Bumi, gerakan ini digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur.

6. Makanan Khas

Makanan yang terkenal di Kabupaten Gowa yaitu Coto. Dahulu, kuliner ini merupakan simbol dari kebesaran Raja Gowa.

Kuliner coto berisi daging sapi dengan kuah rempah yang gurih. Walaupun coto identik dengan Makassar, wilayah yang berbatasan dengan Makassar memungkinkan memiliki makanan khas yang sama.

Hidangan ini pertama kali disajikan pada 1538 untuk hidangan kepada keluarga Kerajaan Gowa dan untuk menyambut tamu kerajaan. Setelah sistem kerajaan runtuh, hidangan coto berkembang karena banyak masyarakat yang penasaran dengan rasanya. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.