Sukses

Reaksi Tentara Amerika Saat Mencoba Pempek Palembang

Dalam sebuah video, terlihat beberapa anggota TNI dan militer AS tengah menikmati pempek Palembang di sebuah restoran.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan adalah pempek. Orang Indonesia tentu banyak yang menyukai pempek, tapi bagaimana dengan orang Amerika Serikat (AS)?

Beberapa waktu lalu, TNI Angkatan Darat dan militer AS menggelar latihan perang bersama. Latihan tersebut dilakukan di tiga tempat di Indonesia. Salah satunya di Baturaja, Sumatera Selatan.

Selain berlatih bersama, para anggota TNI dan militer AS juga kerap menghabiskan waktu istirahat bersama. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @sscipalembang pada 13 Agustus 2021.

Video itu juga dibagikan oleh akun Instagram @palembanginfo pada 13 Agustus 2021. Dalam video tersebut, terlihat beberapa anggota TNI dan militer AS tengah menikmati pempek di sebuah restoran. Reaksi mereka saat mencicipi pempek membuat warganet terhibur.

"Cobalah satu," ucap salah seorang anggota TNI dalam bahasa Inggris. Ia juga menjelaskan jika pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan atau disebut juga fish cake.

Tentara Amerika itu pun langsung mencicipi pempek lenjer yang ada dihadapannya sembari mencelupkannya kedalam cuko, kuah pempek yang biasanya rasanya agak pedas. Tak lama seorang anggota TNI lain pun mengatakan agar menghirup cuko tersebut agar terasa lebih nikmat.

"Hirup cuka," kata anggota TNI yang lain. "Okay," kata satu tentara Amerika sambil menyantap pempek. Setelah mencicipi pempek, ia terlihat menikmati pempek tersebut. Ia pun menyetujui jika pempek khas Palembang memang enak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menikmati Pempek

Anggota TNI itu pun meminta tentara Amerika lain untuk ikut mencoba pempek. Ia juga mengatakan jika pempek yang ada dihadapannya itu berisi sebuah telur.

Tentara Amerika itu pun mencoba pempek tersebut. Tak jauh berbeda, tentara Amerika itu juga bereaksi yang sama yaitu hanya mengangguk-anggukkan kepalanya karena bisa menikmati pempek.

Unggahan itu pun turut menarik perhatian warganet. Mereka bangga karena pempek bisa disukai oleh orang-orang dari luar Indonesia. Ada juga yang menyarankan agar mengatakan pada tentara AS kalau kapal selam bisa dimakan di Indonesia.

"Senang rasanya kalo liat orang luar makan makanan Indonesia, apalagi kalo dia bilang enak, senang liatnya," komentar seorang warganet.  "nahh.. Betah kau di Palembang. Lah pacak ngirup cuko (nah betah kamu di Palembang. Sudah bisa menghirup cuko)," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Pempek Bandung

Pempek Palembang juga bisa ditemui di banyak daerah di Indonesia, termasuk di Bandung.  Salah satunya adalah Pempek Rama yang berlokasi di Jalan Rama, Cicendo, Bandung yang cukup terkenal.

Menurut akun Instagram @kulinerbandung, kedai pempek tersebut sudah berdiri sejak 1998. Di sini tersedia pempek lenjer, mulai ukuran biasa, sedang. Pengunjung bebas menentukan pilihan sesuai selera.

Kita bisa datang langsung maupun memesan secara online. Pembeli bisa memesan dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal.

"Harga lenjer ukuran sedang ini hanya 35rb aja guys, menurut mimin harganya worth it banget karena selain rasanya enak, bikin kenyang juga loh. Nah Lennggang-nya juga gak kalah juara, ini tuh menu Best Seller mereka guys. Harganya 25rb/pcs," tulis keterangan dalam unggahan pada Desember 2020.

Untuk paket empat selam, empat lenjer, empat adaan, harganya hanya Rp100 ribu. Sementara itu, untuk paket 10 selam, 15 selam kecil, 15 lenjer, 10 adaan, 10 kulit, harganya Rp550 ribu. Selain itu ada juga paket-paket yang lain.

4 dari 4 halaman

Aturan di Tempat Makan, dari PSBB, sampai PPKM Level 3 - 4

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.