Sukses

Malaysia Absen di Miss Universe 2021 karena Lonjakan Kasus Covid-19

Keputusan absen di Miss Universe 2021 disampaikan langsung oleh organisasi Miss Universe Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Malaysia tidak mengirimkan perwakilannya ke Miss Universe 2021. Kontes kecantikan sejagat ke-70 tersebut rencananya akan diselenggarakan di Eliat, Israel, pada Desember 2021 dan kembali dipandu oleh Steve Harvey.

Kabar absennya Malaysia di gelaran akbar Miss Universe 2021 disampaikan oleh Miss Universe Malaysia Organization (MUMO).Pernyataan ini juga diunggah melalui akun Instagram resmi MUMO pada Selasa, 17 Agustus 2021.

"Kami memperhatikan bahwa Organisasi Miss Universe akan mengadakan kontes tahunan ke-70 di Eilat, Israel pada bulan Desember. Sayangnya, karena situasi Covid-19 yang memburuk, yang mengakibatkan terbatasnya perjalanan internasional dan domestik, kami tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia 2021," bunyi pernyataan tersebut.

Karena kondisi yang tak memungkinkan, Malaysia memutuskan absen di gelaran 2021. "Oleh karena itu, kami menolak undangan untuk kontes tahun ini dan dengan menyesal tidak dapat menyelenggarakan kontes lokal Miss Universe Malaysia tahun ini," lanjut mereka.

Sebelum mengakhiri pernyataan resmi, MUMO juga menyampaikan harapan terbaik mereka terkait pelaksanaan Miss Universe mendatang. "Berharap dapat berpartisipasi lagi dalam waktu dekat," tutup pernyataan tersebut.

Dilansir dari Insider, 21 Juli 2021, Presiden Organisasi Miss Universe Paula Shugart mengungkapkan Israel masuk dalam daftar negara tuan rumah kontes selama beberapa tahun karena sejarahnya yang kaya. Ia juga menyebut alasan terpilihnya Israel sebagai tuan rumah Miss Universe 2021.

"Saat kami mencari lokasi untuk perayaan ulang tahun ke-70, menjadi jelas lewat percakapan kami dengan Wali Kota Lankri dan Kementerian Pariwisata Israel bahwa Israel yang telah bekerja dengan baik dalam mengatasi pandemi global, memiliki sumber daya terbaik untuk menjadi tuan rumah Miss Universe di Desember," kata Paula kepada Insider.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agenda Miss Universe 2021

Paula berharap dapat memperdalam komitmen menciptakan percakapan, koneksi, dan pemahaman budaya yang bermakna lewat kemitraan ini. Organisasi Miss Universe menjelaskan para kontestan Miss Universe 2021 akan mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya Israel dalam minggu-minggu menjelang kompetisi dengan kunjungan ke Laut Mati, Yerusalem, dan Tel Aviv.

Miss Universe 2021 akan menampilkan kontestan dengan berbalut pakaian renang, gaun malam, dan wawancara. Penyelenggaraan Miss Universe 2021 akan ditayangkan di FOX di Amerika Serikat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza dinobatkan setelah kontes ini harus ditunda selama lebih dari setahun karena pandemi Covid-19. "Menjadi satu-satunya Miss Universe yang dinobatkan selama pandemi COVID-19 telah membuat masa bertugas saya tak terlupakan," kata Meza kepada Insider.

"Saya berharap dunia mengambil vaksin segera setelah tersedia sehingga, Desember mendatang, sebanyak mungkin orang dapat bergabung dalam perayaan ulang tahun ke-70 di Israel," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Miss Malaysia 2020

Sebelumnya, Francisca Luhong James dinobatkan sebagai Miss Malaysia 2020. Dilansir dari Says, 7 September 2020, ia adalah perempuan keturunan Dayak yang mengalahkan 17 finalis lain di malam grand final yang ditayangkan pada Sabtu, 5 September 2020, lewat situs web resmi Miss Universe Malaysia Organization (MUMO).

Tak hanya mahkota Miss Malaysia 2020, Francisca juga memenangkan Best in Evening Gown dan Miss Auto Bavaria Elegance. Dengan akar campuran dalam garis keturunan Kayan-Kenyah-Iban, Francisca adalah orang Sarawak ke-8 yang memenangkan gelar Miss Universe Malaysia.

Ia tercatat lahir dari ayah seorang Kayan dan ibu yang merupakan keturunan Iban. Fakta ini membuat Francisca merupakan perempuan asli Dayak dengan campuran garis keturunan sebagaimana telah disebutkan.

Ayahnya, James Bungan, adalah turunan Orang Ulu yang berasal dari Ulu Sungai Asap. Sedangkan, ibunda Miss Malaysia 2020, Pauline Japok, merupakan seorang Iban asal Kanowit, menurut laporan Borneo Post Online.

Selain sebagai model paruh waktu, Fracisca bekerja di bidang relasi publik dan pemasaran di Kuala Lumpur. Ia pun berperan dalam pemberdayaan perempuan lewat gerakan Women Rise dan terlibat dalam acara amal di daerah pedesaan.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini