Sukses

Wapres Ma'aruf Amin Tampil Serasi dengan Istri Berpakaian Adat Sunda dari Sukabumi di HUT ke-76 RI

Pakaian adat Sunda yang dipakai Wapres Ma'ruf Amin dan Wury Ma'ruf Amin ini tepatnya berasal dari Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Ma'ruf Amin didampingi istrinya, Wury Ma'ruf, tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Busana itu mereka pakai saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Seperti diberitakan laman wapresri.go.id, Wapres terlihat cukup elegan dengan setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain batik yang diikatkan di pinggang.

Sebagai pelengkap, Wapres memakai penutup kepala berupa bendo dan bersepatu hitam. Adapun aksesori yang dikenakan berupa arloji rantai yang dijepitkan pada saku jas atas sebelah kiri menemani lambang kepresidenan.

Selaras dengan Wapres, Wury Ma'ruf Amin anggun mengenakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel. Sebagai pelengkap, Wury memakai kerudung sewarna kebaya dan beralas kaki sendal selop (kelom geulis).

Selain upacara pagi, Wapres Ma'ruf Amin dan istri juga dijadwalkan hadir mengikuti Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka sore nanti.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat dan Bangkit

Di tengah momen peringatan hari kemerdekaan, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pesan untuk bangkit bersama menghadapi pandemi Covid-19. "Mari kita bangkit bersama sebagai bangsa untuk menghadapi pandemi Covid-19 di saat kita menyambut kehadiran hari kemerdekaan kita, 17 Agustus. Semangat dan bangkit,” pesan Wapres dalam laman wapresri.go.id.

Sebagai informasi, upacara dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI kali ini digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga dilakukan secara hybrid, yakni perpaduan daring dan luring. Jumlah undangan yang hadir secara langsung di halaman Istana Merdeka pun dibatasi hanya sekitar 17 orang dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selebihnya para undangan dan masyarakat umum dapat mengikuti upacara secara virtual. Menurut data dari bagian undangan Istana Presiden, jumlah pendaftar upacara virtual mencapai 45 ribu orang dengan komposisi 29 ribu untuk upacara pagi dan 16 ribu untuk upacara sore.

3 dari 4 halaman

Pakaian Adat Melayu

Dilansir dari berbagai sumber, berbeda dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi tahun lalu, saat itu Wapres Ma'ruf Amin berpakaian adat Melayu Indonesia bercorak gelap. Istrinya memilih mengenakan baju kurung modern dan songket tabur.

Pada 2020, upacara peringatan HUT RI digelar secara berbeda dengan keterbatasan peserta akibat gelombang pandemi Covid-19. Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta peserta lain mengikuti upacara secara virtual.

Sebelum menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-75 RI, Wapres Ma'ruf Amin menghadiri acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 00.00 WIB. Hal yang sama juga dilakukan Wapres Ma'ruf Amin pada HUT RI-ke-76 pada 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini