Sukses

Iriana Jokowi Lanjutkan Tradisi Pakai Heels Rp15,8 Juta dalam Perayaan HUT ke-76 RI

Sepatu hak tinggi keluaran Chanel ini tercatat sudah tiga tahun berturut-turut dipakai Iriana Jokowi dalam perayaan HUT RI.

Liputan6.com, Jakarta - Iriana Jokowi tampak mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Sementara Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung, Ibu Negara memilih busana nasional berpadan kain songket.

Kendati pilihan busananya terus berganti dalam tahun-tahun peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, ada satu item yang secara konsisten dipakai ibu tiga anak tersebut. Yang dimaksud tidak lain adalah mules heels warna hitamnya.

Tercatat bahwa sepatu hak tinggi ini telah dipakai Iriana dalam tiga tahun berturut-turut gelaran Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni pada 2019, 2020, dan 2021. Item itu diketahui merupakan keluaran rumah mode mewah Prancis, Chanel.

Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini, melansir 5inchandup, Selasa (17/8/2021), pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015. Kehadirannya segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode."

Heels ini dideskripsikan cukup berbeda dengan DNA desain alas kaki lain dari Chanel. Kendati, ia dihias dengan aksen khas seperti mutiara. Sepatu berujung hitam diperkenalkan Chanel berdekade lalu dan telah jadi ciri khas mereka sejak saat itu.

Soal harga, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi ini dibanderol 1,1 ribu dolar Amerika Serikat (Rp15,8 juta), menurut laman Tradesy. Warna sepatu tersebut tampak kontras dengan pilihan busana berpalet netral yang dikenakannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampilan Jokowi

Seperti telah disinggung, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Lampung. Baju adat ini didominasi warna merah dan putih.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir mengenakan baju adat Sunda, tepatnya dari wilayah Sukabumi, Jawa Barat, bewarna biru. Itu dipadankannya dengan sepotong kain batik jarik putih bermotif khas Sunda.

Seperti tahun lalu, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI pagi tadi dihadiri hanya oleh undangan terbatas. Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi COVID-19 yang masih melanda, lapor kanal News Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Busana Tahun Lalu

Tahun lalu, masih mengenakan sepatu dari Chanel, Iriana juga memilih busana berwarna kalem. Kala itu, ia memakai atasan tunik sederhana yang seleras dengan bawahan dan selendang yang dipakai sebagai hijab.

Di sisi lain, Jokowi memakai baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Baju adat Jokowi ini dilaporkan menggunakan kain motif "Kaif Berantai Nunkolo."

Motif kain itu telah dimodifikasi, dari bentuk belah ketupat jadi batang tengah, menggambarkan sumber air dan di bagian pinggir terdapat motif bergerigi yang melambangkan wilayah berbukit dan berkelok-kelok. Pemilihan warna merah cerah pada kain ini melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.