Sukses

Sambut HUT RI, McDonald's Indonesia Hadirkan Burger Rendang hingga Kopi Kelapa

Ada tiga jenis burger rendang dalam rangkaian menu menyambut HUT ke-76 RI yang dihadirkan McDonald's Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT RI) yang jatuh pada 17 Agustus 2021 menginspirasi McDonald's Indonesia menghadirkan menu kemerdekaan. Bertema "Ini Rasa Kita!," gerai restoran cepat saji itu menghadirkan beragam menu, termasuk burger rendang.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, terdapat tiga varian burger rendang yang dihadirkan, yakni burger rendang, burger rendang spesial, dan burger rendang dobel. Burger rendang merupakan burger berisi patty sapi yang diracik dengan saus rendang. Di selanya disisipkan potongan bawang bombai dan diapit setangkup roti oranye berwijen.

Burger rendang spesial tidak berbeda jauh dengan burger rendang, hanya ditambahi telur mata sapi. Sementara, burger rendang dobel berisi dua lapis daging sapi dengan saus rendang, serta potongan bawang bombai segar. Menu utama ini bisa dipesan dalam paket maupun ala carte.

Secara umum, rasa saus rendang versi McD tidak sekental rasa bumbu rendang biasa. Racikan rempah-rempahnya cukup ringan. Bawang bombai yang ditambahkan juga segar, terbukti dengan tekstur yang kriuk dan manis. Tambahan bawang bombai ini memberi kesegaran pada keseluruhan rasa. Berpadu dengan bun oranye, setangkup burger cukup untuk mengisi ulang energi di siang hari.

Sebagai pendamping, McDonald's menghadirkan kentang goreng berbumbu Gulai Gurih McShaker. Setiap pesanan disertai satu kantong kertas untuk membantu mencampurkan kentang dan bumbu kering itu. Sesuai namanya, rasa bumbunya dominan gurih. Rasa tersebut bisa diimbangi oleh kentang yang cenderung manis.

Menu Ini Rasa Kita! sudah mulai tersedia sejak 10 Agustus 2021. Rangkaian menu tersebut terinspirasi dari menu-menu makanan Indonesia. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Varian Manis

Mewakili menu minuman, McDonald's menyiapkan tiga pilihan bagi konsumennya. Pertama adalah soda gembira, yakni minuman soda dengan rasa buah berry dan campuran susu. Rasanya segar dan mengingatkan memori menyenangkan masa kecil. McD juga menghadirkan versi lebih kekinian dari soda gembira dengan menambahkan krim float di atasnya.

Pilihan ketiga barulah es kopi kelapa, yakni minuman perpaduan es kopi McD dengan susu dan santan kelapa. McD bahkan menyediakan varian Es Kopi Durian dengan menambahkan topping float rasa durian dan jeli.

Bila hanya ingin menikmati dessert saja, Ini Rasa Kita! juga memiliki Putu Ayu McFlurry Oreo dan Putu Ayu McFlurry Kelapa. Isi dasarnya sama, yakni es krim vanila lembut dengan saus rasa pandan. Warnanya pun dibuat hijau pupus, khas warna kue putu ayu. Perbedaannya terletak pada topping, yang satu adalah remahan oreo, lainnya parutan kelapa sangrai. Keduanya jadi favorit saya.

3 dari 4 halaman

Spice Up The World

Kelezatan rendang sudah diakui sejak lama, tidak hanya oleh orang Indonesia, tapi juga warga asing. CNN bahkan pernah menasbihkan rendang sebagai makanan terenak di dunia sejak 2011 hingga 2019. Meski tergeser tahun berikutnya, rendang tetap masuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia.

Karena pamornya itu, rendang menjadi salah satu sarana diplomasi kuliner Indonesia di mancanegara. Makanan khas Minangkabau itu menjadi salah satu dari lima makanan nasional yang dipromosikan di luar negeri.

Rendang pun menjadi andalan dalam kampanye Indonesia Spice Up The World. Gongnya dimulai dari New York, Amerika Serikat, pada bulan lalu. Tujuannya selain memperkenalkan bumbu dan rempah Indonesia, juga membuka pasar bagi bumbu khas Indonesia di luar negeri.

4 dari 4 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.