Sukses

Kreasi Unik Kue Ultah Nasi Padang, Harganya Lebih Terjangkau

Kue ulang tahun dari nasi padang ini dilengkapi berbagai topping, dari rendang, sampai sambal hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang kue ulang tahun harus berupa penganan manis? Memberi sentuhan personal bagi orang yang berulang tahun, Anda juga bisa menyiapkan kue dalam format tidak biasa. Kue ultah dari nasi padang, misalnya.

Melalui video di akun TikTok @callisahhhhh, baru-baru ini, kreasi unik tersebut lahir. "Nasi padang cake," tulis pemilik akun tersebut singkat, menambahkan bahwa pembuatannya dilatarbelakangi kesukaan saudara perempuannya pada nasi padang.

Sebagai ganti kue ultah konvensional, ia membuatnya dari nasi padang. Di klip tersebut, tampak ia meletakkan alas mirip tatakan kue ultah pada umumnya, kemudian plastik berbentuk lingkaran untuk jadi dasar bentuk "kue" tersebut.

Itu dimulai dengan menata nasi putih di bagian paling bawah yang kemudian dilapisi plastik bening. Di atasnya ada sayuran berupa daun singkong, lengkap dengan sayur nangka yang memang umumnya ada di sajian nasi padang.

Topping-nya juga dilengkapi telur bulat balado dan udang berbumbu serupa. Ada pula ikan kembung goreng, rendang beserta kuahnya, serta tidak ketinggalan, sambal hijau nan menggenapi rasa.

Supaya ada sentuhan khas kue ulang tahun, ia menambah hiasan bertulisan ucapan selamat, lengkap dengan nama saudara perempuannya. Selain unik, kue ultah nasi padang ini juga berharga lebih terjangkau.

Jika kue ulang tahun pada umumnya berharga ratusan ribu rupiah, pengguna TikTok ini mengaku bahwa ia hanya merogok kocek Rp80 ribu demi menyiapkan sajian tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilihat 1,1 Juta Kali

Video kreasi unik kue ultah nasi padang ini jadi sensasi online. Sampai artikel ini ditulis, klip singkat itu telah ditonton 1,1 juta kali dan menarik 1,3 ribu lebih komentar dari pengguna TikTok.

Sebagian memuji ide tersebut, bahkan menggoda bahwa "harum nasi padangnya sampai tercium ke sini." Tidak sedikit juga yang memanggil teman-temannya untuk membuatkan kue ultah seperti di video tersebut. 

Ada pula yang memuji upaya pemilik akun tersebut. "Best sister ever," tulis seorang pengguna. Tapi, di antara sederet komentar itu, ada juga yang mengaku tidak terlalu menyukai rasa nasi padang. 

3 dari 4 halaman

Kue Ulang Tahun dari Mi Goreng

Kue ultah nasi padang itu tentu bukan kreasi unik pertama yang muncul di tengah warganet. Beberapa tahun sebelumnya, Anda mungkin juga masih ingat, betapa hitsnya kue ulang tahun dari mi goreng.

Sesuai namanya, "kue" yang bisa dibuat satu, dua, bahkan hingga tiga tingkat ini menggunakan mi goreng sebagai bahan utama. Itu juga bisa dihias dengan berbagai topping favorit, mulai dari kornet, sosis, hingga ayam suwir pedas.

Beberapa ada juga yang menambahkan parutan keju untuk menambah palet rasa. Sementara beberapa orang mengaku suka, kala itu beredar narasi bahwa kue ultah mi goreng bukanlah pilihan bagi mereka yang suka menyantap mi setengah matang, mengingat secara visual, mi tersebut tampak lodoh.

4 dari 4 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.