Sukses

Bocoran Fasilitas Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta, Ada Ruang Menyusui

Sampai saat ini belum diketahui kapan perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta akan dimulai.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun KA Bandara Internasional Yogyakarta tengah dalam proses persiapan. Nantinya, para penumpang dapat menikmati beragam fasilitas yang disediakan di stasiun bandara yang berada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

PT KAI pun membagikan beberapa potret fasilitas di Stasiun KA Bandara Internasional Yogyakarta lewat siaran pers. Pada satu sisi terlihat loket dan layanan pelanggan yang tengah dipersiapkan. Ada pula Ruang VIP yang tampak rapi dengan lantai berlapis karpet abu-abu.

Di dalam Ruang VIP, terdapat dua sofa panjang dengan lekukan di bagian tengah dan meja kayu bulat. Di dekatnya, meja kayu lainnya ada dikeliling oleh tempat duduk satuan.

Berlanjut ke Ruang Tunggu, fasilitas itu dilengkapi kursi berderet dan meja layanan di sisi kanan. Ada pula Ruang Menyusui dengan sofa, wastafel, dan baby tafel atau tempat yang membantu para ibu untuk mengganti popok dan pakaian bayi.

Beberapa papan informasi pun dipasang untuk memudahkan akses penumpang. Salah satunya papan informasi yang berisi peta terminal bandara sampai nomor untuk pelayanan langganan.

Tampak pula e-gate di Stasiun KA Bandara Internasional Yogyakarta dengan petunjuk keluar ke terminal bandara. Tak ketinggalan, peron dengan nomor dan tujuan KA Bandara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelayanan Representatif

PT KAI mendukung penuh berbagai persiapan yang sedang dilaksanakan terkait KA Bandara. Dalam siaran pers yang diunggah di situs resmi PT KAI pada 12 Agustus 2021, VP Public Relations KAI Joni Martinus menyebut nantinya layanan KA Bandara YIA dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun Bandara YIA.

Nantinya, hanya pelanggan KA Bandara yang sudah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate yang tersedia ketika KA siap dinaiki. Hal ini untuk memudahkan masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA. 

"Ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta dan tersedia pelayanan yang representatif, tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara. Sedangkan untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara," kata Joni.

3 dari 4 halaman

Menunggu Arahan

Joni mengaku masih menunggu arahan resmi pemerintah perihal waktu pengoperasian perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA. "Kami klarifikasi bahwa info terkait detail pengoperasian KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA pp sampai dengan saat ini masih belum ditetapkan," katanya.

Kehadiran KA Bandara ini juga melengkapi layanan Kereta Api terintegrasi dengan layanan pesawat di bandara. Joni menyebut, KAI siap mendukung penuh berbagai program pemerintah dalam hal meningkatkan konektivitas masyarakat dalam hal bertransportasi.

"Hadirnya integrasi antarmoda antara Kereta Api dan Pesawat Terbang ini akan memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.