Sukses

Potongan Kue Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles di 1981 Terjual Rp36,7 Juta

Kue pernikahan ini turut jadi saksi momen perayaan pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles empat dekade lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Potongan kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles di 1981 telah resmi terjual dalam lelang. Kue dari perayaan terjadi 40 tahun lalu ini terjual dengan harga tak terduga, yakni sebesar 1.850 Pound sterling atau setara Rp36,7 juta.

Dilansir dari CNN, Jumat (13/8/2021), potongan kue itu satu dari 23 kue yang dibuat untuk pernikahan kerajaan. Menurut Dominic Winter Auctioneers, di Cirencester, Inggris barat, potongan kue pernikahan Putri Diana dan Charles seberat sekitar 28 ons atau 793 gram.

Perkiraan awal, potongan kue pengantin ini akan dijual sekitar 300 Pound sterling--500 Pound sterling atau setara Rp5,9 juta--Rp9,9 juta. Namun, ternyata ada begitu banyak yang berminat menjelang lelang pada Rabu, 11 Agustus 2021.

"Tampaknya benar-benar menangkap banyak imajinasi dan dompet orang. 1.850 Pound sterling tidak terduga," kata juru lelang Chris Albury kepada CNN.

Irisan kue pengantin ini menampilkan lambang berwarna emas, merah, biru, dan perak. Ada pula hiasan tapal kuda perak dan daun disemprot, serta beberapa lapisan gula dekoratif putih.

Menurut juru lelang, tampaknya itu adalah bagian dari salah satu kue yang dikirim ke staf kerajaan. Lantas, kue tersebut diberikan kepada Moyra Smith, yang bekerja di Clarence House untuk Ibu Ratu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berusia 40 Tahun

Kue berusia 40 tahun ini disimpan dalam bungkus plastik dalam kaleng kue tua dijual ke Dominic Winter Auctioneers pada 2008 atas nama keluarga Smith. "Ini adalah promosi penjualan yang bagus untuk plastik transparan," kata Albury.

Ia menambahkan, selain lapisan gula putihnya yang sudah agak kusam, kuenya masih terjaga dengan baik. "Ini adalah objek yang akan bertahan lama," jelas Albury.

Dikatakan Albury, penawar yang menang datang untuk mengambil potongan dari Leeds pada Kamis, 12 Agustus 2021. Albury melanjutkan, potongan kue dari pernikahan kerajaan lainnya sering dijual dan faktanya, potongan besar kue ini membuatnya menonjol.

"Saya belum pernah melihat orang lain mencoba menjual sesuatu seperti ini," katanya. "Ini cukup banyak."

3 dari 4 halaman

Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles

Lelang juga termasuk program Ceremonial and Order of Service untuk pernikahan, yang diperkirakan ditonton pemirsa televisi di seluruh dunia lebih dari 700 juta orang. Daftar tersebut termasuk menu peringatan Royal Wedding Breakfast.

Pelelangan dilakukan hanya beberapa bulan setelah putra Putri Diana setuju untuk meminjamkan gaun pengantinnya untuk dipamerkan di depan umum di Istana Kensington. Sebuah mobil yang diberikan Pangeran Charles kepada Putri Diana sebagai hadiah pertunangan juga baru-baru ini dilelang, terjual lebih dari 52 Pound sterling atau setara Rp1 miliar.

Pangeran Charles dan Putri Diana menikah di di Katedral St Paul pada 29 Juli 1981. Pasangan ini berpisah 11 tahun kemudian pada tahun 1992, dan bercerai pada 1996.

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.