Sukses

5 Kesalahan Umum dalam Mendekorasi Rumah Bergaya Modern

Dekorasi rajutan tangan di ruang tamu jadi salah satu hal yang sebaiknya dihindari dalam mendekorasi rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memiliki hunian baru, hal yang dipikirkan selanjutnya adalah bagaimana mendekorasi rumah atau apartemen. Cara termudah adalah meminta bantuan profesional untuk mendandani kediaman sesuai gaya modern. Tapi, itu tentu memakan biaya tak sedikit.

Alternatifnya, Anda mengandalkan diri sendiri. Dengan seruan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, Anda bisa lebih fokus membuat hunian jadi lebih nyaman. 

Sebelum melakukan itu, sebaiknya pelajari lima kesalahan umum dalam mendekorasi rumah bergaya modern yang dilansir dari BrightSide.me, 11 Agustus 2021, berikut ini. Hal ini akan membantu Anda menata rumah lebih baik.

1. Pencahayaan buruk

Jangan gunakan lagi lampu bohlam yang memancarkan sinar redup kekuningan. Sebaiknya, perbanyak sumber cahaya, baik dengan menggunakan lampu lantai atau dengan memasang lampu meja di beberapa sudut.  Tujuan utamanya adalah untuk menonjolkan area tertentu dari ruangan yang ingin menarik perhatian orang.

2. Dekorasi rajutan

Beberapa orang mungkin punya dekorasi rajutan tangan buatan nenek di ruang tamunya, bisa dalam bentuk sarung bantal, atau hiasan dinding. Meski menyimpan banyak memori, hiasan rajutan terkesan kuno dan akan mengumpulkan debu yang berdampak tidak sehat pada kualitas udara di rumah.

3. Rak buku warna gelap

Bagi Anda yang suka membaca, rak buku pasti jadi furnitur yang wajib ada di rumah. Kebanyakan orang akan memilih rak buku berbahan kayu yang berwarna gelap. Masalahnya, kayu gelap untuk rak buku hanya akan membuatnya terlihat seperti furnitur tua.

Berdasarkan tip dari metode Marie Kondo, kurangi sedikit koleksi buku Anda dan mengaturnya sesuai dengan prioritas. Pilih hanya buku favorit yang Anda letakkan di rak buku, serta buku-buku baru yang belum dibaca. Buku lainnya, yang kemungkinan tidak akan Anda baca lagi, bisa disimpan di kotak tertutup atau berikan kepada orang lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Memakai Gorden Pendek

Kalau ingin memberikan nuansa modern pada rumah Anda, pilihlah gorden yang panjang. Gorden yang panjang, bahkan hingga menyapu lantai, lebih baik daripada gorden pendek. Gorden pendek hanya cocok diterapkan di kamar tidur anak-anak.

Jangan ragu menggunakan gorden berwarna putih atau warna netral lainnya. Selain memungkinkan cahaya matahari untuk 'masuk' dan mencerahkan ruangan, warna putih juga bisa memberi sentuhan modern pada dekorasi interior Anda.

5. Karpet Tidak Proporsional

Meski tampak mewah, hindari permadani atau karpet berat dengan corak warna-warna tua. Sebaiknya pilih karpet yang sesuai dengan area tempat Anda ingin meletakkannya. Carilah inspirasi jenis dan warna dasar karpet yang cocok untuk ruangan tertentu.

3 dari 4 halaman

6. Elemen Bambu

Ada beragam pilihan nuansa yang dapat Anda tambahkan ke dalam rumah. Salah satunya dengan menghadirkan bambu untuk dekorasi yang dapat mempercantik hunian Anda.

Dilansir dari laman PinkVilla, dalam Feng Shui, bambu dianggap membawa keberuntungan yang perlu disimpan di rumah untuk membawa kebahagiaan, kebijaksanaan, dan kemakmuran. Selain itu, bambu juga menciptakan kesan estetik pada hunian sehingga membuat rumah lebih tenang dan tentram.

Misalnya untuk tirai. Dibandingkan kain, Anda dapat menggunakan tirai bambu atau tirai untuk kamar Anda untuk memasukkan bahan ini ke dekorasi rumah Anda. Hal ini pasti akan memberi Anda tampilan pedesaan.

Dalam hal dekorasi rumah, pencahayaan jadi salah satu aspek penting. Anda dapat menggantungkan lampu sangkar bambu di langit-langit untuk mencerahkan ruangan Anda yang kusam. Lampu gantung bambu hingga lentera semuanya bisa jadi pilihan.

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.