Sukses

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Penumpang Pesawat versi Pramugara, Salah Satunya Jangan Bercelana Pendek

Apa alasan pramugara yang menyarankan penumpang pesawat tidak bercelana pendek ya?

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial sering beredar informasi menarik seputar tips menumpang pesawat. Informasi itu biasanya dibagikan para pilot maupun awak kabin seperti pramugari dan pramugara.

Salah satunya seorang pramugara sekaligus TikToker bernama Tommy Cimato. Dalam sebuah video yang diunggah di akun TikTok @ tommycimato, dia menuliskan 'lima hal yang jangan pernah Anda lakukan di pesawat terbang' dan beberapa di antaranya cukup mengejutkan.

"Jangan coba-coba untuk memakai celana pendek saat Anda berada di pesawat terbang," kata Tommy dalam bahasa Inggris pada salah satu video pada 28 Juli 2021.

Alasannya, penumpang tidak akan pernah tahu seberapa bersih kursi yang diduduki penumpang, berapa banyak penumpang lain yang duduk di atasnya selama beberapa hari dan minggu sebelumnya. Jadi, semakin penumpang tersebut menutupi tubuhnya, semakin sedikit kemungkinan ia terpapar kuman. Aturan serupa berlaku untuk kenyamanan penumpang.

"Jangan tertidur atau menyandarkan kepala ke jendela," katanya lagi. "Anda bukan satu-satunya yang melakukan itu dan Anda tidak tahu berapa banyak orang atau anak-anak yang menyeka tangan mereka atau benda lain di jendela," terang Tommy.

Tommy juga membagikan beberapa tips lainnya agar terhindar dari kuman atau bakteri di toilet. Ia menyarankan untuk tidak menekan tombol flush dengan tangan kosong. Hal itu sangat tidak higienis. Jadi ketika Anda menyiram, gunakan serbet atau tisu yang ada di toilet.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntutan Kebersihan

Selain itu, jangan lupa minum air. Anda harus tetap terhidrasi dan memiliki sekitar 16 ons air untuk setiap penerbangan yang Anda lakukan. Terakhir, jangan takut untuk memberitahu pramugari atau pramugara kalau Anda merasa sakit. Jadi, jika Anda membutuhkan makanan, air, atau kantong penyakit udara, jangan ragu untuk memberi tahu awak kabin.

Sampai berita ini ditulis, video Tommy tersebut telah ditonton lebih dari 3,8 juta kali dan disukai lebih dari 538 ribu kali. Sejumlah warganet menyatakan keprihatinannya karena pesawat tidak dibersihkan secara teratur.

Warganet lainnya menjelaskan bahwa tidak ada waktu untuk itu, bahkan dengan tuntutan tambahan kebersihan yang diwajibkan saat pandemi Covid-19. "Saya adalah pembersih kabin dan percayalah, kami hanya punya 20 menit dan hanya ada enam (orang) yang membersihkan sekaligus sehingga pesawat lepas landas (tepat) waktu," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Aturan Bawa Powerbank di Pesawat

Saat kita naik pesawat terbang, ada sederet aturan yang wajib dipatuhi. Salah satu yang perlu diketahui adalah mengenai membawa pengisi daya portabel atau powerbank.

Pertama, powerbank atau baterai lithium cadangan dengan kapasitas tidak melebihi 20.000 mAh (100Wh) diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat udara. Kedua, powerbank atau baterai lithium cadangan dengan kapasitas lebih dari 20.000 mAh (100Wh) tetapi tidak melebihi 32.000 mAh (160Wh) diizinkan maksimal dua unit tiap penumpang dengan persetujuan dari maskapai pengangkut.

Ketiga, powerbank atau baterai lithium cadangan dengan kapasitas melebihi 32.000 mAh (160Wh) atau tidak mencantumkan kapasitasnya dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat udara. Keempat, powerbank atau baterai lithium cadangan yang dibawa ke dalam pesawat udara harus dipastikan tidak terhubung dengan perangkat elektronik lain, serta ditempatkan pada bagasi kabin dan dilarang ditempatkan pada bagasi tercatat.

4 dari 4 halaman

Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.