Sukses

Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di MRT Jakarta Mulai 12--14 Agustus 2021

MRT Jakarta kembali menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 pada 12--14 Agustus 2021. Apa saja persyaratannya?

Liputan6.com, Jakarta - MRT Jakarta kembali menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi publik. Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi MRT pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Layanan vaksinasi Covid-19 akan diselenggarakan pada 12--14 Agustus 2021 di Stasiun MRT Blok A pukul 08.00--15.00 WIB. Vaksin yang diberikan, yakni AstraZeneca untuk peserta dosis pertama dengan usia minimal 18 tahun.

Ada pula Vaksin Sinovac untuk peserta dosis kedua dengan minimal usia 18 tahun, 12--17 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui. Untuk mendapat vaksin ini, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta.

Layanan vaksinasi diutamakan untuk yang mendaftar melalui aplikasi Jaki dengan NIK pada Kartu Keluarga (12--17 tahun) dan KTP (usia minimal 18 tahun). Peserta dapat mendaftar melalui aplikasi AloDokter dan Halodoc dengan menggunakan NIK pada Kartu Keluarga (12--17 tahun) dan KTP (usia minimal 18 tahun).

Selanjutnya, peserta juga dapat mendaftar langsung di lokasi dengan membawa Kartu Keluarga (12--17 tahun) dan KTP (usia minimal 18 tahun). Kuota peserta yang mendaftar langsung di lokasi terbatas sesuai jumlah kupon antrean vaksinasi yang tersedia.

Jika mendaftar melalui aplikasi Jaki, peserta membawa hasil print Kartu Kendali. Kondisi peserta sehat dan sudah sembuh minimal tiga bulan dari Covid-19 (jika pernah terpapar).

Untuk ibu hamil (minimal usia kehamilan 23 minggu) dan ibu menyusui sudah diperbolehkan menerima vaksinasi. Peserta juga diimbau membawa surat rekomendasi dari dokter rawat apabila sedang dalam penanganan penyakit.

Bagi peserta vaksin dosis satu tidak pernah terdaftar sebagai penerima vaksin sebelumnya. Tak ketinggalan, peserta juga diinformasikan untuk membawa KTP asli.

Untuk syarat penerima dosis kedua, peserta minimal 28 hari sejak menerima vaksinasi dosis satu dan ini bersifat wajib. Syarat lainnya adalah jenis vaksin satu adalah Sinovac dan peserta diimbau untuk membawa Kartu Vaksinasi Covid-19 untuk melihat status pemberian vaksin dosis satu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetak Kartu Vaksin COVID-19

Berikut cara mencetak kartu vaksin COVID-19. Pertama, melalui laman pedulilindungi.id:

1. Buka laman tersebut melalui browser;

2. Klik "Login/Register" pada sisi kanan;

3. Pilih "Login Sekarang" jika sudah punya akun, atau klik "Buat akun PeduliLindungi" jika belum punya akun. Bila belum punya akun, ikuti seluruh langkah yang tertera;

4. Jika sudah punya akun, Anda akan dikirimkan OTP ke nomor ponsel yang telah didaftarkan. Masukkan ke kolom yang tersedia;

5. Usai login, klik kolom nama di pojok kanan atas. Klik menu "Sertifikat Vaksin;"

6. Pilih tampilan vaksin, lalu klik "Unduh Sertifikat;"

7. Jika sertifikat vaksin sudah terunggah, cetak menggunakan printer.

3 dari 4 halaman

Cetak Kartu Vaksin dari Aplikasi PeduliLindungi

1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di PlayStore atau App Store;

2. Buka aplikasi, baca informasi pada tampilan awal sambil terus digeser. Kemudian, pilih "Masuk." Nantinya muncul tampilan seputar syarat penggunaan dan kebijakan privasi aplikasi tersebut. Jika sudah dibaca, klik "Saya Setuju;"

3. Jika belum punya akun, klik "Daftar," dan ikuti petunjuk setelahnya. Jika sudah punya akun, langsung masuk menggunakan email atau nomor ponsel yang terdaftar. Nantinya, Anda akan dikirim kode OTP untuk verifikasi melalui SMS. Masukkan ke kolom yang tersedia;

4. Setelah login, klik "Akun" di pojok kanan;

5. Pilih tampilan vaksin, lalu klik "Unduh Sertifikat;"

7. Jika sertifikat vaksin sudah terunggah, cetak menggunakan printer.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Situs PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.