Sukses

Mengenal Manfaat Warna pada Buah dan Sayur yang Perlu Diketahui

Buah dan sayur memiliki beragam warna. Berikut manfaat manfaat warna pada buah dan sayur.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang sudah mengetahui bahwa buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari memanglah sebuah kebiasaan positif yang baik untuk diterapkan.

Sebab, sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat. Peran dari vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sebagai antioksidan yang mampu menangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Ternyata, warna pada buah dan sayur memiliki nilai gizi yang menarik. Selain menarik, warna pada buah dan sayur juga mempunyai manfaat besar untuk kesehatan tubuh kita. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaatnya.

Merah

Warna ini melindungi jantung, menjaga stamina tubuh dari berbagai penyakit kanker. Selain itu, warna ini untuk mencegah pembekuan darah, menunda penuaan sel dalam tubuh.

Buah dan sayur merah mengandung zat besi alami, vitamin A, karoten, likope dan anthocyanin. Likopen adalah senyawa fitokimia yang memiliki aktivitas antioksidan.  Selain itu, likopen juga dapat menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental supaya tidak mudah pikun.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hijau

Meningkatkan kualitas serta jumlah sel darah merah dan membersihkan racun dalam tubuh. Sayuran hijau kaya akan serat yang membantu pencernaan.

Selain itu, warna hijau mengandung berbagai macam mineral untuk menjaga kadar PH tubuh. Sayuran hijau dapat memperkuat sistem imun tubuh, menghilangkan radikal bebas, mencegah penyakit infeksi, mencegah kanker dan mencegah anemia.

Oranye dan Kuning

Menghambat penuaan serta menjaga kesehatan mata.  Terdapat pada buah mangga, alpukat, wortel, dan lainnya. Senyawa ini merupakan pro-vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A juga memiliki aktivitas antioksidan yang baik.

Buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga atau oranye kaya akan beta karoten. Selain itu, beta karoten akan diubah menjadi Vitamin A di dalam tubuh. 

3 dari 4 halaman

Biru dan Ungu

Warna biru dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sumber zat besi, serta meningkatkan sel darah merah dan putih. Warna biru atau ungu dalam buah-buahan menunjukkan kandungan antosianin dalam buah. Antosianin merupakan salah satu jenis antioksidan dalam buah yang penting untuk menangkal radikal bebas.

Putih

Warna putih dalam buah dan sayur dapat mencegah sembelit, serta menurunkan risiko terkena hipertensi dan kolesterol. Terdapat pada buah pir, bawang putih, kembang kol, dan lainnya.

Buah dan sayuran yang berwarna putih kaya akan kandungan selulosa larut air yang membantu pergerakan usus besar sehingga meringankan kerja saluran pencernaan. Buah dan sayuran putih mengandung banyak karbohidrat sehingga menjadi pemasok utama energi dalam tubuh khususnya bagi otak dan sistem saraf pusat. 

 

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.