Sukses

Kondisi Terkini Satwa-Satwa di Kebun Binatang Bandung

Sejak munculnya wacana untuk menyembelih sejumlah satwa peliharaannya, saat ini Kebun Binatang Bandung mendapat banyak duungan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat akan menyembelih sejumlah hewan peliharaannya, Bandung Zoo Logical Garden (Bagoza) atau Kebun Binatang Bandung mulai bernapas lega. Saat ini Kebun binatang tersebut sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Alhamdulillah, kondisi satwa yang ada di sini dalam kondisi baik. Sekarang sudah banyak yang support dan banyak yang menjamin keberlangsungan Kebun Binatang Bandung," ungkap Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (8/8/2021).

Dengan adanya jaminan tersebut, kata Sulhan, pihaknya akan tetap bertahap dalam kondisi pandemi saat ini. Kata dia, tidak ada lagi rencana dari pihak Kebun Binatang Bandung untuk memotong satwa.

"Tidak ada lagi wacana untuk memotong satwa. Perusahaan itu kan perlu punya plan A, B, C," ujar Sulhan.

Namun, Sulhan enggak menyebut siapa saja pihak yang menjamin untuk keberlangsungan Kebun Binatang Bandung. Ia menyebut mereka ada secara pribadi maupun perusahaan.

"Saya nggak bisa menyebutkan satu per satu. Banyak banget yang membantu kami. Mereka datang dari Bandung dan juga dari luar Bandung," lanjut Sulhan. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Buka Kembali

Selama ini, Sulhan mengatakan pihaknya saat bergantung pada masukan dari pengunjung yang membeli karcis. Namun, akibat pandemi Kebun Binatang Bandung setop sementara untuk beroperasi karena PPKM Darurat Jawa-Bali dan PPKM Level 4.

"Kami sudah dua bulan tutup. Jadi, masyarakat sangat menantikan agar Kebun Binatang Bandung bisa segera buka kembali ," kata Sulhan.

Namun, untuk buka kembali, Sulhan mengatakan tergantung dengan kebijakan pemerintah. Namun, secara pribadi Sulhan mengatakan ingin Kebun Binatang Bandung segera buka. "Kalau saya sih, pengennya besok buka," ujar Sulhan tertawa.

3 dari 4 halaman

850 Ekor Satwa

Sulhan mengatakan Kebun Binatang Bandung memiliki 850 ekor satwa yang terdiri dari 120 jenis. Beberapa di antaranya kelas mamalia, aves, reptil, dan ikan.

Kawasan dengan luas 14 hektare tersebut berfungsi sebagai tempat rekreasi, pendidikan, dan penelitian. Di tempat ini juga disediakan kesempatan foto bersama satwa di area tertentu.

Pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggangi satwa di Kebun Binatang Bandung, Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang dan Kuda Tunggang siap melayani pengunjung.

Di tempat wisata ini, terdapat juga pertunjukkan satwa. Beberapa di antaranya pertunjukkan burung kakatua koki, burung macaw biru kuning, burung rangkong badak, binturong, anjing pudel, dan marmut.

4 dari 4 halaman

Bandung Lautan Api

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.