Sukses

Keindahan Pantai Pacitan Jadi Inspirasi Lukisan Terbaru SBY

SBY baru saja menyelesaikan lukisan terbarunya yang terinspirasi keindahan pantai Pacitan, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja menyelesaikan lukisan terbarunya berjudul 'Debur Ombak di Pantai Pacitan'. Hal tersebut disampaikan oleh Jansen Sitindaon, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

"Fresh dari studio beliau. Luisan terbaru pak SBY pagi ini. Saya tanya uda Ossy apa judulnya "Debur Ombak Di Pantai Pacitan". Acrylic, 60x90 cm," tulis Jansen melalui akun Twitternya, @jansen_jsp seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (8/8/2021).

Ada dua lukisan yang diunggah oleh Jansen, pertama, SBY dengan karya terbarunya dan kedua, foto lukisan pantai. Tak berbeda dengan lukisan karya profesional, karya SBY pun tampak indah.

Dalam karyanya itu, SBY tampak piawai mengangkat keindahan alaam Indonesia. Langit yang biru dengan awan yang putih yang berarakan, air laut yang biru dengan riak yang menepi ke bibir pantai.

"Saya sudah lihat bbrp lukisan pak SBY yg lahir selama pandemi ini, memang banyak “diilhami Pacitan” tempat kelahirannya yg memang indah sekali banyak pantai dan gunung-gunung. Termasuk pak SBY sdh melahirkan 2 lukisan ttg “Merapi” yg dulu dekat dgn kesehariannya sbg Danrem Jogya," imbuh Jansen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teringat Masa Kecil

Sebelumnya, SBY sempat mengungkapkan tentang keindahan alam Pacitan dalam unggahannya pada 5 Desember 2020 lewat akun Instagram Ani Yudhoyono. Saat itu, ia terlihat di tepi Pantai Teleng Ria menyaksikan latihan voli bersama cucu-cucunya.

"Keindahan alam Pacitan dengan suasana pantai dan deretan pegunungan membuat saya teringat akan masa kecil saya yang penuh dengan kenangan indah," tulis SBY ketika itu.

Kehadiran SBY di kampung halamannya itu untuk meninjau perkembangan pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani. Dalam foto itu SBY sangat menikmati keindahan panorama alam Pacitan.

 

3 dari 4 halaman

Persembahan untuk Istri Tercinta

Terkait lukisan, sebelumnya SBY sempat membuat sebuah lukisan untuk memperingati ulang tahun mendiang istri Ani Yudhoyono pada Selasa, 6 Juli 2021.  SBY mempersembahkan kado spesial itu dengan mengabadikan pemandangan.

Momen tersebut terlihat dari video berdurasi satu menit dan 52 detik yang diabadikan di akun Instagram resmi putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). SBY mengungkapkan bahwa 6 Juli adalah tanggal kelahiran istri tercintanya.

SBY dan keluarga biasanya ziarah ke TMP Kalibata untuk mengenang hari kelahiran mendiang Ani Yudhoyono  Namun, tahun ini SBY dan keluarga tak berziarah karena menghormati PPKM yang diterapkan oleh pemerintah. "Sebagai gantinya, siang dan sore ini saya melukis dan lukisan ini, meskipun dunianya berbeda, dengan izin Allah saya persembahkan untuk istri tercinta," kata SBY dalam video.

4 dari 4 halaman

infografis Curhat SBY

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.