Sukses

Grab Ungkap 10 Makanan Terlaris di Masa Pandemi dan Top 3 Selama PPKM

Salah satu hasil surveinya, 72 persen konsumen Grab memesan menu makanan untuk keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Pemesanan makanan dan minuman secara online banyak dilakukan di masa pandemi ini. Salah satu platform pemesanan makanan daring adalah GrabFood dari Grab Indonesia.

Baru-baru ini, Grab Indonesia bekerja sama dengan NielsenIQ menerbitkan laporan tren kuliner selama pandemi Covid-19 dalam acara GrabNEXT. Salah satu hasil surveinya, 72 persen konsumen layanan pesan antar makanan daring atau online memesan menu untuk keluarga.

Survei dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Survei ini melibatkan responden sebanyak 13 ribu yang merupakan konsumen secara regional, 14 thought-leader di industri food and beverage, dan data platform Grab.

Dari survei tersebut, Grab menemukan keluarga dengan anak merupakan konsumen utama layanan pesan-antar makanan daring. Sedangkan 54 persen konsumen mencari makanan dan restoran baru melalui aplikasi pengantaran makanan tersebut.

"GrabNEXT menjadi semakin penting bagi keluarga besar merchants Grab Indonesia karena banyak perubahan yang terjadi selama pandemi. Kami berharap ini bisa membantu pengembangan bisnis semua mitra," terang Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam jumpa pers virtual, Jumat, 6 Agustus 2021.

Kondisi ini berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis kuliner yang bergabung dengan aplikasi pengantaran makanan. Sepanjang 2020, bisnis kuliner di aplikasi layanan pesan-antar mengalami pertumbuhan 50 persen.

Dilihat dari kategori pemesanannya, ada peningkatan 32 persen minat masyarakat untuk mengonsumsi makanan kategori sehat. Menurut Neneng, hal itu mengindikasikan masyarakat semakin punya kesadaran untuk mengonsumsi menu-menu yang bernutrisi tinggi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Martabak

Untuk kategori makanan, setidaknya ada 10 makanan yang laris dipesan di GrabFood di Indonesia. Produk itu di antaranya makanan cepat saji, martabak, pizza, bakso, ayam, nasi goreng, burger, seblak, mi, dan sate.

"Orang Indonesia sangat menyukai martabak. Ada tujuh juta pesanan martabak tahun lalu," jelas Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia Hadi Surya Koe.

Hadi menambahkan, pesanan paling banyak terjadi saat sarapan, terutama Pukul 09.00--10.00. Sedangkan makanan yang paling banyak dipesan saat sarapan adalah bubur ayam, soto ayam, perkedel, brownies, sate usus, mi ayam, bakwan, dan tempe.

Minuman yang laris dibeli saat sarapan yakni es teh, kopi susu, dan es jeruk. Saat makan siang, peningkatan pesanan paling tinggi terjadi pada pukul 11.00--12.00. Makanan yang paling banyak dipesan saat makan siang di antaranya mi goreng pedas, ayam geprek, perkedel, nasi rendang, nasi ayam bakar, ayam goreng, udang dan siomai. 

3 dari 4 halaman

42 Juta Hidangan Ayam

Minuman yang paling laris yaitu kopi susu, kopi susu gula aren, es teh, teh susu cokelat hazelnut, dan jus jeruk. Grab mencatat, orang Indonesia memesan lebih dari 42 juta hidangan berbahan dasar ayam saat makan siang sepanjang tahun lalu.

Di masa PPKM Darurat dan sekarang masih berlaku PPKM Level 3 dan 4, pemesanan makanan dan minuman menurut Hadi memang ada peningkatan, namun tidak diungkapkan berapa angka pastinya.

"Kalau untuk makanan dan minuman selama PPKM ini tidak jauh beda dengan masa PSBB. Ada tiga yang terlaris yang kita sebut Top 3 yaitu menu yang berbasis ayam, aneka mi dan kopi terutama kopi susu. Selain tiga itu, yang juga banyak dipesan masih tetap martabak. Ini mungkin karena martabak ada yang manis dan gurih jadi rasanya lengkap," ungkap Hadi.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.