Sukses

Tingkah Lucu Orangutan Usai Pungut Kacamata Hitam yang Terjatuh di Kandang

Orangutan betina itu memungut kacamata hitam yang tak sengaja dijatuhkan seorang turis. Tingkah lucunya berakhir dengan aksi yang mengejutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Orangutan dikenal sebagai primata endemik Indonesia yang dikenal lucu dan jahil. Aksi mereka di kebun binatang juga sering menarik perhatian banyak orang.

Baru-baru ini, video seorang turis asing yang tidak sengaja menjatuhkan kacamatanya di kandang orangutan di sebuah kebun binatang Indonesia, viral di media sosial. Lucunya, Orangutan itu justru memakai kacamata tersebut dan bergaya, sebelum dikembalikan lagi ke pemiliknya.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @minorcrimes. "i accidentally dropped my sunglasses in the orangutan enclosure at a zoo in Indonesia (saya tidak sengaja menjatuhkan kacamata hitam saya di kandang orangutan di kebun binatang di Indonesia)," tulis keterangan dalam video tersebut.

Dilihat di video yang diunggah pada 2 Agustus 2021 itu, perekam berada di atas kandang orangutan. Sedangkan, di bawahnya nampak seekor induk orangutan bersama anaknya tengah berjalan di rumput.

Induk orangutan tersebut ternyata mengambil kacamata milik perekam yang terjatuh. Induk orangutan itu kemudian memakai kacamata hitam dengan frame berwarna coklat tersebut.

Tak berhenti di situ, dia membawa kacamata itu ke tempat yang lebih tinggi di bebatuan dan kembali memakainya. Sementara, si anak orangutan terlihat ingin mengambil kacamata tersebut, tapi tangannya dihalangi oleh induknya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengembalikan Kacamata

Si induk sempat terlihat bergaya saat memakai kacamata tersebut. Dia kemudian sempat berpindah tempat ke sebuah batang kayu yang lebih tinggi, sebelum akhirnya melemparkan kacamata tersebut ke pemiliknya.

Dia kemudian mendapat makanan sebagai ganti karena telah mengembalikan kacamata. Sampai berita ini ditulis, video aksi lucu orangutan itu sudah dilihat lebih dari 45,2 juta kali dan disukai lebih dari 11,1 juta kali.

Warganet pun membanjiri kolom komentar.  Selain warganet mancanegara yang menggunakan bahasa Inggris, banyak juga komentar warganet Indonesia, bahkan ada yang terkesan menohok.

"you have no idea how extraordinary is this (kamu tidak tahu betapa luar biasanya ini)," komentar seorang warganet. "ya ini dari Indonesia, terkadang binatang ini lebih pintar dari warga Indonesia itu sendiri," timpal warganet Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bayi Orangutan

Belum diketahui orangutan di video tersebut berada di kebun binatang mana di Indonesia. Yang jelas, pada Juni lalu Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta menyambut kelahiran seekor bayi orangutan.

Momen kelahiran bayi orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini terjadi pada 4 Juni 2021 dini hari. Bayi orangutan tersebut lahir dengan berat badan 1,57 kilogram. Bayi orangutan dirawat manusia atau hand-rear dua hari setelah kelahiran. Hal tersebut dikarenakan induk orangutan belum mau menyusui sang bayi, bahkan cenderung berperilaku agak agresif di malam hari.

Petugas berupaya melatih induk agar mau mendekati dan menyusui bayinya. Tapi, karena belum ada pergerakan dari induk untuk menyusui anaknya, pemberian susu dilakukan oleh petugas kepada bayi orangutan.

Selanjutnya secara berkala, bayi orangutan diberi susu setiap tiga jam. Setelah dirawat manusia, terpantau kondisi induk orangutan normal. Pengamatan terhadap kondisi induk dan bayi orangutan GL Zoo terus dilakukan secara intensif. 

4 dari 4 halaman

Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.