Sukses

Viral Video Gibran Rakabuming dan Ajudan Saling Semprot Cairan Disinfektan

Taat protokol kesehatan, Gibran dan ajudannya bergantian menyemprotkan cairan disinfektan.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang sempat positif Covid-19 pada Juli lalu, kini sudah sembuh dan bertugas kembali. Serangkaian kegiatan pun sudah dilakukan, seperti meninjau ruang isolasi Covid-19 di wilayah Solo dan sekitarnya.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube Daerah Solo pada 28 Juli 2021, Gibran terlihat memakai kemeja batik, celana panjang hitam dan masker berwarna putih. Ia sedang menyambut kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Solo, Jawa Tengah.

Foto kegiatan tersebut juga diunggah di akun Instagram @pemkot_solo. Bersama Andika, Gibran memantau perkembangan situasi dan kesiapan rumah sakit serta tempat isolasi di Kota Surakarta.

Ada tiga lokasi penanganan Covid-19 yang dikunjungi bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa. Ketiga lokasi tersebut adalah Rumah Sakit Slamet Riyadi, Pusat Isolasi di SD Negeri 6 Panularan, dan Rumah Sakit Lapangan Benteng Vastenburg.

Namun, yang menarik perhatian warganet adalah apa yang dilakukan Gibran usai berbincang Andika. Anak sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu tampak berlari kecil menuju mobil dinasnya.

Saat hendak mencapai mobil dinasnya itu, seorang laki-laki mendekat. Diketahui lelaki itu merupakan ajudan pribadi Gibran. Sebelum atasannya memasuki mobil dinasnya, secara sigap ajudannya langsung menyemprotkan cairan disinfektan ke sekujur tubuh orang nomor satu di Kota Solo tersebut.

Setelah itu, Gibran berganti menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh ajudannya. Kemudian mereka berdua pun langsung menaiki mobil dinas yang terparkir di lapangan. Momen itu juga disaksikan langsung oleh para Polisi Militer dan tamu lainnya yang berada di lokasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian

"Perhatiannya Gibran Pada Ajudan ! Sampai Bantu Semprot Desinfektan," tulis keterangan dalam video unggahan kanal YouTube Daerah Solo itu. Aksi suami dari Selvia Ananda tersebut mampu menarik perhatian publik. 

Warganet banyak yang merasa kagum dengan sikap Gibran yang begitu perhatian dengan ajudannya dan patuh pada protokol kesehatan atau prokes. "itulah bedanya pemimpin yg tidak gila hormat pasti tdk perlu kasta semangat mas wali penjenengan teladan yg baik sehat selalu mas wali aamiin aamiin YRA," komentar seorang warganet.

"Mas Gibran orang yg sngat sederhana wlpun punya pngkt tinggi ttp rendah hati dkt ma bwahan ..💪💪💪💪mas Gibran 🤲🏼🤲🏼🤲🏼🤲🏼," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Isolasi Mandiri

Sebelum dinyatakan positif Covid-19 pada pertengahan Juli 2021, Gibran mengaku sering mengunjungi tempat-tempat yang rawan penularan Covid-19. "Dalam beberapa hari ini saya sering mengunjungi tempat-tempat yang mungkin agak rawan seperti rumah sakit, tempat-tempat isolasi, tempat-tempat sentra vaksinasi," terang Gibran dalam konferensi pers, 14 Juli 2021, dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Ia dinyatakan positif usai menjalani tes swab PCR. Sementara, istri dan kedua putranya yaitu Jan Ethes Srinarenda dan La Lemba Manah diakui Gibran, hasilnya negatif.

Gibran mengatakan dirinya dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala virus corona. Dia pun langsung menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dia juga memastikan akan tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo selama masa isolasi mandiri.

"Pekerjaan-pekerjaan, nota-nota dinas ini masih saya jalankan semua. Saya juga masih aktif setiap hari memimpin rapat melalui zoom," tutur Gibran. Setelah terpapar virus Corona selama lebih dari satu minggu, Gibran dinyatakan negatif dari Covid-19 sejak 19 Juli 2021.

"Saya udah negatif dari dua hari lalu kok. Tinggal masa pemulihan," kata Gibran pada Rabu, 21 Juli 2021. Gibran juga meminta masyarakat Solo untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar tak terpapar virus corona Covid-19.

4 dari 4 halaman

Mini Lockdown ala Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.