Resmi Bercerai dari Bill Gates, Melinda Tetap Pertahankan Nama Belakang Mantan Suami

Oleh Dinny Mutiah pada 03 Agu 2021, 09:03 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 09:03 WIB
Bill Gates dan Melinda pada 2019. (AP Photo/Elaine Thompson, File)
Perbesar
Bill Gates dan Melinda pada 2019. (AP Photo/Elaine Thompson, File)

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda French Gates resmi mengakhiri pernikahan mereka yang telah berjalan 27 tahun. Pada Senin, 2 Agustus 2021, hakim King County menerima gugatan perceraian keduanya.

Dikutip dari People, Selasa (3/8/2021), dokumen pembubaran pernikahan juga menyatakan bahwa Melinda tidak akan mengubah namanya maupun menerima nafkah rutin dari mantan pasangan. Namun, perwakilan Bill dan Melinda tidak menanggapi konfirmasi dari People.

Pasangan biliuner itu mengumumkan perpisahan mereka pada Mei 2021. Dokumen pengadilan yang diajukan Melinda saat itu menyatakan bahwa pernikahan mereka 'tidak bisa lagi terselamatkan'.

"Setelah dipikirkan masak-masak dan kerja keras untuk mempertahakan hubungan kami, kami memutuskan untuk mengakhiri pernikahan kami. Selama 27 tahun ini, kami membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkikan semua orang mendapatkan kehidupan yang produktif dan sehat," demikian pernyataan bersama keduanya di media sosial.

Bill & Melinda Gates Foundation didirikan pada 2000 dengan aset bernilai lebih dari 40 miliar dolar AS. Mereka pun sepakat untuk melanjutkan kerja sama mereka mengelola yayasan tersebut.

"Tapi, kami tidak lagi yakin kami bisa berkembang bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami ini. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami memulai hidup baru ini," sambung pernyataan itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kemungkinan Mundur

Melinda dan Bill Gates pada 2001. (AP Photo/Andy Rogers, File)
Perbesar
Melinda dan Bill Gates pada 2001. (AP Photo/Andy Rogers, File)

Meski keduanya menyatakan akan tetap melanjutkan kerja bersama mengelola yayasan, CEO Bill and Melinda Gates Foundation, Mark Suzman mengungkapkan fakta menarik di awal bulan lalu. Bill dan Melinda ternyata membuat sebuah kesepakatan bahwa Melinda akan mundur dari yayasan bila mereka ternyata tak bisa bermitra lagi.

Melinda akan mundur bila selama dua tahun, baik dia maupun Bill menyatakan tidak bisa bekerja sama lagi. "Mereka berulangkali membuat komitmen bersama yang jelas dan ekspektasi untuk tetap menjadi mitra jangka panjang dan co-chair," tulis Suzman.

"Meski begitu, sebagai langkah tambahan, mereka sepakat bila setelah dua tahun keduanya memutuskan tidak bisa bekerja sama lagi, Melinda akan mundur dari jabatan co-chair maupun wali. Dalam kasus itu, Melinda akan menerima dana personal dari Bill untuk pekerjaan amalnya sendiri. Sumbernya akan terpisah dari dana hibah yayasan, yang akan tidak terpengaruh."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mencari Metoda Baru

Melinda Gates dan Bill Gates. (Instagram/ melindafrenchgates)
Perbesar
Melinda Gates dan Bill Gates. (Instagram/ melindafrenchgates)

Suzman menambahkan, sejak perpisahan mereka, ia, Bill, dan Melinda mencari cara baru untuk mengelola yayasan dan mengambil keputusan. Salah satu wacana yang muncul adalah keputusan menambah jumlah wali lantaran saat ini hanya tinggal mereka berdua setelah miliuner Warren Buffet keluar pada bulan lalu.

Bill dan Melinda juga berencana menyumbang 15 juta dolar AS untuk menambah dana hibah. Dengan tambahan itu, total dana hibah yayasan mencapai 65 miliar dolar AS, kata Suzman.

Pasangan Bill dan Melinda menikai di Lanai, Hawaii, pada 1 Januari 1994. Keduanya memiliki tiga anak bersama, Rory John, Phoebe Adele, dan Jennifer Katharine.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perceraian di Indonesia

Infografis Perceraian di Indonesia
Perbesar
Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya