Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Kabupaten Pelalawan, Habitat Penting bagi Gajah dan Harimau Sumatra

Oleh Henry pada 02 Agu 2021, 23:05 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 23:05 WIB
Desa Lipat Kain, Datuok Kombuok dan Dua Kendi Ajaibnya
Perbesar
Tugu Equator sebagai tanda garis khatulistiwa melintas di atas Desa Lipat Kain. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang fakta menarik seputar Kabupaten Pelalawan di Provinsi Riau. Dilintasi jalan raya Lintas Timur Sumatra membuat lokasinya sangat strategis karena merupakan jalur ekonomi terpadat. Kabupaten Pelalawan juga dialiri Sungai Kampar yang cukup ramai dilewati kapal-kapal dagang.

Kawasannya terbagi ke dalam 12 kecamatan dengan Teluk Meranti sebagai kecamatan terluas. Nama Kabupaten Pelalawan berawal dari nama kerajaan, yaitu Pelalawan, dengan pusat kerajaan berlokasi di pinggir Sungai Kampar.

Kerajaan Pelalawan berdiri tahun 1761 dan mulai dikenal pada masa pemerintahan Sultan Syed Abdurrahman Fachrudin (1811-1822). Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang tawaran menarik temtang vaksinasi Covid-19 di Inggris.

Pemerintah Inggris Raya kini mulai menawarkan insentif bagi anak-anak muda di sana agar mau divaksin Covid-19. Mereka mengiming-imingi kupon makan pizza dan gratis tumpangan taksi, Sejauh ini, pemerintah telah bermitra dengan beberapa perusahaan dalam program insentif tersebut, seperti Uber, Bolt, Deliveroo, dan Pizza Pilgrims.

Sebelumnya, pemerintah sudah pernah menggunakan pola insentif yang bermitra dengan Uber dan Bolt sebelumnya. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang gaya hidup ramah lingkungan. Rayi RAN dan istrinya, Dila Hadju menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sejak keduanya menikah.

Mereka bahkan sudah mengajarkan anak mereka untuk peduli terhadap lingkungan.  Dila menyarankan agar para orangtua bisa mengenalkan lingkungan pada anak-anak sesuai dengan usia mereka.

Semua topik tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

6 Fakta Kabupaten Pelalawan, Habitat Penting bagi Gajah dan Harimau Sumatra

Anak gajah jantan
Perbesar
Anak gajah jantah yang baru saja dilahirkan oieh ibunya yang bernama Lisa di Taman Nasional Tesso Nilo, Pelalawan, Riau (dok.instagram/@kementerianlhk/https://www.instagram.com/p/CIreR0QsfoB/Komarudin)

Pelalawan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang terbentang di pesisir timur Pulau Sumatra. Dilintasi jalan raya Lintas Timur Sumatra membuat lokasinya sangat strategis karena merupakan jalur ekonomi terpadat.

Kabupaten Pelalawan juga dialiri Sungai Kampar yang cukup ramai dilewati kapal-kapal dagang. Kawasannya terbagi ke dalam 12 kecamatan dengan Teluk Meranti sebagai kecamatan terluas.

Selanjutnya…

Inggris Tawarkan Pizza hingga Tumpangan Taksi Gratis untuk Anak Muda yang Divaksinasi Covid-19

Ilustrasi pizza
Perbesar
Ilustrasi pizza (Dok.Unsplash/ Alan Hardman)

Ada dua cara mengubah perilaku masyarakat terkait vaksinasi Covid-19, diberi hukuman atau diiming-imingi hadiah. Setelah beberapa waktu menggembar-gemborkan sanksi, Inggris Raya kini mulai menawarkan insentif bagi anak-anak muda di sana agar mau divaksin Covid-19.

Pemerintah mengiming-imingi kupon makan pizza dan gratis tumpangan taksi, kata Departemen Kesehatan negara itu dalam sebuah pernyataan yang dilansir Minggu, 1 Agustus 2021. Sejauh ini, pemerintah telah bermitra dengan beberapa perusahaan dalam program insentif tersebut, seperti Uber, Bolt, Deliveroo, dan Pizza Pilgrims.

Selanjutnya…

Dila Hadju Utamakan Pakai Produk Ramah Lingkungan, dari Minyak Goreng sampai Pembalut

Keluarga Rayi RAN dan Dila Hadju
Perbesar
Keluarga Rayi RAN dan Dila Hadju. (dok.Instagram @dilahadju26/https://www.instagram.com/p/CMrhGOHgyno/Henry)

Dila Hadju dan Rayi Putra atau Rayi RAN dikenal sangat mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Mereka bahkan sudah mengajarkan anak mereka untuk peduli terhadap lingkungan.

Menurut Dila awalnya dia dan Rayi mulai mempraktikkan tindakan kecil seperti memilah sampah dan membuangnya sesuai dengan jenis, yang kemudian dicontoh oleh anak mereka yang berusia berusia empat tahun. Dila menambahkan, di rumah mereka memang menyediakan tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya masing-masing.

Selanjutnya…

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya