Dibuka untuk Wisatawan Asing, Phuket Terlarang untuk Warga Lokal per 2 Agustus 2021

Oleh Liputan6.com pada 30 Jul 2021, 18:03 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 18:03 WIB
Ilustrasi Phuket, Thailand
Perbesar
Ilustrasi Phuket, Thailand (dok.unsplash/ Deepain Jindal)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Phuket menghadapi situasi dilematis. Di satu sisi mereka membuka pintu bagi wisatawan asing, di sisi lain warga Thailand dari daerah lain tak diperkenankan memasuki wilayah itu.

Dilansir dari The Thaiger, Jumat (30/7/2021), Pemerintah Thailand mengumumkan larangan pariwisata domestik dengan membatasi perjalanan ke Phuket. Kebijakan itu berlaku mulai 2 Agustus 2021.

Sejak 1 Juli 2021, Phuket menerapkan skema sandbox yang memungkinkan wisatawan asing memasuki wilayah itu tanpa kewajiban karantina. Keputusan tersebut diambil untuk mendongkrak sektor pariwisata setempat yang terdampak parah akibat pandemi. Hampir sebulan berjalan, angka kunjungan wisatawan mancanegara tak juga kembali ke normal.

Di sisi lain, pergerakan wisatawan domestik turut menggeliatkan perekonomian di Phuket. Namun, sebagian besar kasus infeksi Covid-19 di Phuket ternyata melibatkan wisatawan lokal. Pada hari ini saja, 50 kasus penularan Covid-19 baru terdeteksi dari warga lokal dan satu kematian baru terjadi di Phuket.

Dari kasus tersebut, hanya satu kasus yang terkonfirmasi berasal dari wisatawan asing. Dari 30 kasus positif Covid-19 yang melibatkan turis asing, kebanyakan menunjukkan gejala ringan atau bahkan tanpa gejala dan belum terindikasi sebagai klaster sumber penularan.

Situasi itu mendorong Pemerintah Thailand untuk menutup seluruh jalur transportasi, baik dari darat, laut, dan udara, ke Phuket, bagi wisatawan domestik. Kebijakan itu berlaku selama dua minggu, dari 3--16 Agustus 2021.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ada Pengecualian

Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)
Perbesar
Ilustrasi bendera Thailand (AP/Sakchai Lalit)

Meski begitu, sejumlah warga lokal tetap bisa memasuki Phuket dengan beberapa syarat. Mereka yang boleh masuk adalah yang sudah divaksinasi secara lengkap, minimal 14 hari sebelumnya. Mereka juga harus melampirkan hasil tes RT PCR atau tes rapid antigen yang diambil kurang dari 24 jam sebelumnya.

Pengunjung yang sudah sembuh dari Covid-19 dalam 90 hari terakhir juga diperkenankan memasuki Phuket. Syaratnya, melampirkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes rapid antigen yang diambil dalam kurun waktu kurang dari 72 jam sebelum memasuki area tersebut. 

Pelajar yang berumur kurang dari 18 tahun dan belum divaksinasi, akan mendapat fasilitas tes RT-PCR dari Kantor Kesehatan Masyarakat Phuket dan mendapat kartu identitas dari sekolah yang berlaku selama 1 bulan. Masyarakat yang memiliki jadwal vaksinasi di Phuket akan diperbolehkan masuk dengan bukti janji temu dan terindikasi negatif COVID-19 kurang dari 72 jam.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

12 Golongan Dikecualikan

Ilustrasi Thailand
Perbesar
Ilustrasi Thailand (Dok.Unsplash)

Selain syarat di atas, seluruh perjalanan domestik tidak diperbolehkan untuk memasuki Phuket, kecuali yang termasuk dalam 12 kriteria berikut:

1. Ambulan dan transportasi darurat lainnya

2. Kendaraan angkutan persediaan medis

3. Kendaraan pengakut kebutuhan pangan dan barang konsumsi lainnya atau pertanian dan peternakan

4. Kendaraan pengangkut minyak gas dan minyak tanah

5. Kendaraan pengangkut uang bank

6. Kendaraan ekspedisi dan media cetak

7. Tiket penerbangan yang disetujui sebagai perjalanan penting (tidak ada perjalanan liburan)

8. Mereka yang diizinkan oleh Departemen Pengendalian Penyakit di Phuket

9. Pejabat Pemerintah yang memiliki kepentingan mendesak di Phuket

10. Mereka yang mempunyai janji dengan pengadilan maupun pertemuan dengan investor

11. Pengiriman bahan bangunan yang disetujui oleh pemerintah untuk membantu proyek masyarakat

12. Persetujuan atas kewenagan petugas pos pemeriksaan (mungkin dapat menjadi solusi bagi wilayah yang belum jelas) (Gabriella Ajeng Larasati)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4 Risiko Mobilitas Saat Liburan

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya