Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Sumatera Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid-19 Mulai 29 Juli 2021

Top 3 Berita Hari Ini soal penumpang kereta api jarak jauh di Sumatera, atlet Olimpiade Tokyo, dan umami.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Sumatera dan di Pulau Jawa wajib menyertakan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama, mulai Kamis, 29 Juli 2021. Namun, penumpang yang tidak atau belum divaksin karena alasan medis, tetap dapat bepergian dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, penerapan syarat vaksinasi bagi penumpang kereta jarak jauh di di Jawa dan Sumatera, sesuai dengan SE Kemenhub No 58 Tahun 2021. Surat edaran ini mengatur syarat perjalanan kereta jarak jauh pada daerah dengan kategori PPKM Level 3 dan Level 4.

Di samping tentang penumpang kereta api jarak jauh, seorang atlet anggar tim Olimpiade Tokyo 2020 dari Amerika Serikat dihadapkan tuduhan pelecehan seksual. Ia sebelumnya menyangkal semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Pengacara Hadzic mengklarifikasi kepada The New York Times bahwa ia tidak dituntut secara pidana atau perdata dengan ketidakpantasan seksual.

Atlet AS ini juga mengajukan banding atas "rencana keselamatan". Hal tersebut mendorong seluruh anggota tim anggar AS untuk menandatangani surat yang menuntut agar rencana itu tetap berlaku.

Sementara, Jepang memiliki citarasa masakan yang enak atau yang dikenal dengan umami. Umami merupakan kelezatan dan menyatukan semua hidangan gurih yang enak dan paling menonjol dalam kaldu, semur, dan daging yang dimasak.

Meskipun paling sering ditemukan dalam hidangan daging, umami juga umum dalam makanan yang difermentasi, seperti keju dan kecap dan juga ditemukan dalam tomat, bawang, dan jamur. Siapapun yang mencari tahu apa sebenarnya umami akan mengalami kebingungan. Ketiga berita tersebut terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut potongan ulasannya.

Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Sumatera Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid-19 Mulai 29 Juli 2020

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sederet ketentuan baru diberlakukan saat bepergian di masa pandemi Covid-19. Tidak terkecuali untuk penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Sumatera yang wajib menyertakan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama mulai Kamis (29/7/2021).

Berdasarkan siaran pers di laman resmi PT KAI, syarat menunjukkan kartu vaksin Covid-19 juga diberlakukan untuk penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa. Namun, penumpang yang tidak atau belum divaksin karena alasan medis, tetap dapat bepergian dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis.

Selanjutnya...

Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Asal AS Diasingkan Usai Dituding Lakukan Pelecehan Seksual

Seorang atlet anggar tim Olimpiade Tokyo 2020 dari Amerika Serikat dihadapkan dengan tudingan pelecehan seksual. Atlet AS bernama Alen Hadzic itu kini tengah diselidiki setelah adanya tiga tuduhan pelecehan seksual yang dilaporkan US Center for SafeSport.

Dilansir dari Independent, Kamis (29/7/2021), akibat hal tersebut, atlet AS ini awalnya diskors dari pertandingan internasional. Namun, Hadzic diizinkan bertanding di Olimpiade usai mengajukan banding atas keputusan awal.

Selanjutnya...

Mengenal Umami, Penyedap Rasa Makanan dari Jepang

 

 

Jepang memiliki masakan yang enak yang disebut kelezatannya tak bisa dilampau oleh tradisi memasak besar dunia lainnya, seperti China, Prancis, atau India. Jepang memiliki citra rasa tersendiri atau yang disebut dengan istilah 'umami', gabungan dari 'umai' yang berarti 'enak' dan 'mi' atau 'rasa'.

Rasa lezat bukanlah klaim yang terlalu aneh untuk masakan nasional Jepang. Tapi umami dianggap sebagai salah satu dari lima rasa dasar bersama asin, asam, pahit, dan manis, dilansir dari laman Japan Today, Selasa, 27 Juli 2021.

Selanjutnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.