Ketika Nasi Kuning Disajikan dalam Format Onigiri

Oleh Asnida Riani pada 30 Jul 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 09:52 WIB
Nasi Kuning
Perbesar
Nasi kuning yang dikemas seperti onigiri. (dok. Twitter @ribonk/https://twitter.com/ribonk/status/1419999206987554820/photo/1)

Liputan6.com, Jakarta - Nasi kuning umumya diasosiasikan orang Indonesia sebagai menu sarapan maupun hidangan perayaan. Itu biasanya disajikan dengan beragam lauk, seperti kering tempe, serundeng, dan telur.

Dengan banyaknya kombinasi itu, pernahkah Anda membayangkan penyajiannya dilakukan dalam format onigiri? Onigiri merupakan sajian Jepang yang terbuat dari nasi putih dibentuk segitiga dan dibungkus nori.

Ya, lewat sebuah kicauan akun Twitter @ribonk, 27 Juli 2021, nasi kuning yang dibungkus seperti onigiri itu menarik perhatian. "You've had nasi kuning and you've had onigiri but have you ever had ... KUNIGIRI? (Kalian sudah pernah makan nasi kuning dan pernah makan onigiri, tapi apakah pernah makan ... KUNIGIRI?)" tulisnya.

Kicauan itu diunggah bersama gambar nasi kuning, lengkap dengan kering tempe ditambah kacang, potongan telur dadar, dan abon daging berbentuk segitiga yang dibungkus plastik bening. Pemilik akun itu menjelaskan, itu merupakan bentuk asli makanan tersebut.

"Itu memang ada yang jual di puskesmas tempat saya kerja," kata pemilik akun itu, Arri Raditia, membalas pesan Liputan6.com, Kamis, 29 Juli 2021. Ia menambahkan bahwa sebelum lauk, ada sambal yang melengkapi sajian "nasi kuning onigiri" ini.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa puskesmas yang dimaksud berlokasi di Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat. Arri mengatakan, menurut informasi si penjual yang bernama Budi, satu porsi nasi kuning itu dijual Rp10 ribu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Versi Nasi Putih

Onigiri
Perbesar
Nasi putih dengan beragam lauk yang dikemas seperti onigiri. (dok. Twitter @ribonk)

Tidak hanya nasi kuning, sajian berbentuk mirip onigiri ini juga hadir dalam versi nasi putih. Budi menjelaskan, hidangan tersebut berisi nasi putih, ikan tongkol, telur iris, tempe orek, mi, dan dilengkapi sambal.

Sementara disebutkan harga satuannya Rp10 ribu, jika pesan minimal 100 porsi, hidangan itu akan dibanderol Rp8 ribu per buah. "Melayani pemesanan area Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi," terangnya, menambahkan bahwa informasi pemesanan bisa melalui nomor 0857-9799-9077.

Kicauan itu sendiri disambut warganet dengan menambahkan berbagai "fussion" masakan Indonesia dan kuliner Jepang). Salah satu yang diperlihatkan adalah "kunisushi." Sesuai namanya, itu merupakan nasi kuning yang digulung dengan nori sebagaimana sushi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Onigiri Lokal

Ilustrasi Onigiri
Perbesar
Ilustrasi Onigiri (Dok.Unsplash/Markus Winkler)

Selain dua menu tersebut, ada juga pengguna Twitter yang membagikan nasi uduk onigiri. Seperti saudaranya si nasi kuning, sajian yang juga populer sebagai menu sarapan ini dibentuk segitiga dan dibungkus dengan plastik bening.

Sebagai dasar, terdapat nasi uduk yang kemudian ditumpuk berbagai topping, seperti bihun, kering tempe, ayam suwir, dan telur dadar. "Enak kayaknya," komentar seorang warganet, sementara yang lain mengaku itu merupakan hidangan favoritnya.

Ada juga warganet yang menuliskan bahwa porsi nasi kuning maupun nasi uduk, yang biasanya cukup besar, jadi lebih seperti nasi kucing. "Pas makannya bisa cuma 20 menit," imbuh yang lain.

Kendati demikian, ada juga makanan lokal yang sebenarnya cukup mirip onigiri. Salah satunya adalah pengkang, sajian khas Kalimantan Barat yang berbentuk segitiga dengan isian ebi. Alih-alih plastik, sajian ini dibungkus dengan daun pisang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional
Perbesar
Infografis tampilan kekinian camilan tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya