Pasutri di Malaysia Desain dan Renovasi Rumah Sendiri Selama Pandemi, Hasilnya Bikin Takjub

Oleh Henry pada 28 Jul 2021, 11:01 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 11:01 WIB
Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka
Perbesar
Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka. (dok.Instagram @homey.farmhouse/https://www.instagram.com/p/CRxWLFMtcSk/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Tiap orang punya cara sendiri dalam mengisi kegiatan di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita lebih banyak berada di rumah. Begitu juga dengan pasangan suami istri asal Johor, Malaysia, Suzaituladwini Hashim dan Muhamad Solehin Daud.

Keduanya mengubah desain dan tata letak rumah mereka di kawasan Kota Tinggi. Mereka mengubah desain dan merenovasi rumahnya menjadi bergaya pertanian atau farmhouse.

"Saya sangat menyukai tema farmhouse ini ketika menonton program seperti Dream Home Makeover dan Fixer Upper di saluran HGTV. Tema putih terasa cocok dan bagus untuk desain rumah ini," kata Suzaituladwini Hashim yang juga seorang guru, seperti dilansir dari MStar, 26 Juli 2021.

Bersama dengan suaminya yang seorang insinyur, perempuan yang biasa disapa Adwini itu merancang proses renovasi rumah mereka. Keduanya mengumpulkan ide rancangan dan barang-barang apa saja yang mereka butuhkan untuk mewujudkan rencana mereka.

Menurut Adwini, ia dan Solehin mulai mencari barang-barang dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. "Ada yang dibeli secara online, ada juga yang didapatkan di toko-toko dekat rumah. Kami membuat dan mengecat sendiri perabotan dan barang-barang lain yang diperlukan untuk mewujudkan konsep yang kami inginkan," terang perempuan berusia 32 tahun itu.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu mereka tinggal di tempat milik pemerintah sehingga ada sejumlah batasan yang tidak boleh dilanggar. Mereka tidak boleh membongkar atau terlalu banyak mengubah bagian-bagian utama di rumah tersebut.

"Kami tentunya menyesuai kan dengan rancangan dan barang-barang yang sudah ada di rumah ini. Misalnya, ruang televisi, meja makan dan dapur tidak bisa banyak berubah," terang Adwini.

Mereka hanya sedikit mengubah, seperti menambahkan peralatan, mengubah tata letak dan mengecat ruangan dengan dominasi warna putih sehingga terlihat lebih nyaman dan sesuai dengan tema desain mereka yaitu rumah pertanian. "Ini seperti menambah sedikit peralatan, hiasan dan menempatkannya di tempat-tempat tertentu. Semuanya bersifat sementara, karena bisa diubah-ubah lagi dan mudah dibongkar kalau kami pindah ke tempat lain lagi dan penghuni baru ingin melalukan perubahan lagi," jelas Adwini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perapian

Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka
Perbesar
Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka. (dok.Instagram @homey.farmhouse/https://www.instagram.com/p/CLou_QkhY-V/Henry)

Rumah mereka sekarang ini sudah sesuai dengan harapan keduanya. Selain didominasi warna putih, rumah pasangan yang mempunyai dua anak perempuan ini juga menonjolkan warna cokelat muda, hitam dan hijau, terutama dengan adanya pot tanaman di hampir setiap ruangan.

Aksen kayu serta sejumlah perabotan membuat desain baru rumah tersebut semakin menarik dan indah dipandang mata. Beberapa perabotan baru yang mereka tambahkan, antara lain meja, kursi belajar dan tempat duduk khusus untuk kedua putri mereka, Lisa dan Leia yang juga didominasi warna putih. Ada juga bar kopi yang didesain seperti di sebuah kafe.

Yang paling menarik perhatian adalah perapian atau fireplace di ruang tamu yang memberikan nuansa berbeda dan khas dari rumah tersebut. Perapian tersebut semakin menguatkan kesan rumah mereka seperti rumah orang Eropa atau Amerika, tidak seperti rumah orang Malaysia pada umumnya.

"Fireplace itu adalah proyek utama dekorasi kami. Ia memberikan suasana berbeda kepada kediaman di Malaysia pada umumnya. Kami hanya butuh dua hari untuk membuatnya dan hasilnya cukup memuaskan," kata Adwini lagi.

Ruang tersebut menjadi favorit keluarga Adwini. Mereka kerap menghabiskan waktu di sana sambil menonton televisi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mendesain Perpustakaan

Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka
Perbesar
Pasangan Suami Istri di Malaysia Mendesain dan Merenovasi Sendiri Rumah Mereka. (dok.Instagram @homey.farmhouse/https://www.instagram.com/p/CJdxrSIBHs_/Henry)

Adwini dan Solehin pun membagikan hasil desain dan dekorasi rumah mereka melalui akun Instagram @homey.farmhouse sejak November 2020. Banyak warganet yang kagum dan memuji desain rumah mereka.

Tidak hanya mendekorasi rumah mereka, pasangan suami istri juga mendesain dan mendekorasi ulang perpustakaan SMK Air Tawar, Kota Tinggi tempat Suzaituladwani mengajar. Ia melakukan itu untuk mewujudkan suasana yang lebih menyenangkan dalam mengajar.

"Idenya adalah untuk memberi suasana baru untuk perpustakaan di Malaysia dan paling penting mewujudkan perasaan senang kepada pelajar sehingga mereka lebih semangat untuk membaca dan belajar di situ," ucap Adwini. 

Ia menambahkan, ada tiga bagian berbeda di perpustakaan tersebut dan masing-masing ruangan menampilkan tema berbeda. Di ruangan pertama, mereka mengubahnya dengan gaya farmhouse seperti di rumah mereka.

Untuk ruangan kedua dibuat seperti cottage khas Inggris. Sedangkan untuk ruangan ketiga masih dalam proses pengerjaan dan rencananya akan bergaya Skandinavia atau industrial.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan
Perbesar
Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya