Sukses

6 Fakta Welson Sim, Atlet Renang di Olimpiade Tokyo 2020 yang Dijuluki Oppa Malaysia

Dari upacara permukaan sampai laga akhir pekan lalu, figur atlet renang asal Malaysia, Welson Sim, menarik penonton Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai prediksi banyak pihak, para atlet Olimpiade Tokyo 2020 mendapat lebih banyak ruang sorotan di acara olahraga empat tahunan itu. Salah satu figur yang memenuhi obrolan di jagat maya adalah atlet renang asal Malaysia, Welson Sim.

Paras yang menawan bahkan membuatnya dijuluki sebagai "oppa Malaysia." Namun, kekaguman publik tentu tidak semata soal visual, mengingat pria asal Kuching, Serawak, Malaysia, ini juga menorehkan sejumlah prestasi, termasuk deretan pencapaiannya. Berikut sejumlah fakta tentang Sim, seperti dilansir dari Says, Selasa, 27 Juli 2021.

1. Berenang untuk Melawan Asma

Saat berusia 10 tahun, Sim mulai hobi berenang setelah seseorang menyarankan pada ibunya bahwa itu akan membantu memperkuat paru-parunya. Sifat kompetitif dan kecintaannya untuk berada di air membawanya berkompetisi di Piala Presiden di Sarawak setahun kemudia,  dan ia berhasil masuk ke tim renang negara bagian Sarawak.

Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, Sim menceritakan bahwa pada saat berusia 12 tahun, ia tahu berenang adalah olahraga yang ingin dilakukan secara profesional. Di Olimipade Tokyo 2020, pria 24 tahun berkompetisi di nomor 200 m dan 400 m gaya bebas selama akhir pekan kemarin.

2. Penuhi Hobi Melancong karena Renang

Sim mengaku bahwa ia tidak berasal dari keluarga kaya, dan bersyukur kompetisi renang memberinya kesempatan untuk bepergian. Ia juga mengaku bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari peran ibunda.

"Ketika saya menjalani sesi pelatihan pada pukul 5.30, ibu akan mengantar saya ke kolam renang dan menunggu saya selesai dua jam kemudian. Ia adalah segalanya bagi saya," katanya, menurut Malay Mail.

"Karena renang, saya telah bepergian ke lebih dari 20 negara, bertemu teman baru dengan budaya berbeda, dan saya tidak berencana untuk menghentikannya dalam waktu dekat. Keluarga saya juga jadi alasan utama di balik semua ini. Mereka mendukung saya," cerita atlet yang juga berlaga di Olimpiade Rio 2016 itu pada Swimming World.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Perenang Malaysia Pertama untuk 2 Olimpiade

Selain mendapatkan beberapa medali dan gelar, Sim sebelumnya adalah perenang Malaysia pertama yang lolos ke dua Olimpiade di bawah kategori A. Selama beberapa tahun terakhir, ia juga telah mengantongi tiga emas dan beberapa medali perak di SEA Games dan Commonwealth Youth Games.

4. Sempat Kecelakaan

Di unggahan media sosial, Sim beberapa kali berpose dengan sepeda motor. Oktober tahun lalu, Sim mengalami kecelakaan sepeda motor yang melukai pergelangan tangannya, sehingga harus dioperasi.

Menurut New Straits Times, pelatihnya, Chris Martin, mengatakan bahwa Sim memiliki dua pin yang dimasukkan ke lengan kirinya dan kadang-kadang berjuang dengan rasa sakit selama latihan. Meski demikian, Sim terus berusaha dan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan kompetisi.

3 dari 4 halaman

5. Perenang Tercepat Malaysia

Sim sempat jadi perenang tercepat Malaysia. Ia jadi pemain reguler dalam kuartet estafet gaya bebas 4x200 meter putra dan terlibat dalam semua prestasi pemecahan rekor nasional dari 2013 hingga 2014. Ia juga orang Malaysia pertama yang memecahkan rintangan 50 detik dalam gaya bebas 100 m putra di Kejuaraan Australia 2019.

"Sebelum berhenti suatu hari nanti, saya ingin meninggalkan warisan dengan memecahkan semua rekor gaya bebas nasional," kata Sim seperti dikutip dari The Star.

6. Penonton Drama

Di luar karier atletiknya, Sim juga suka seorang penonton drama Cina. Dalam sebuah wawancara dengan Buro 24/7, ia mengungkap beberapa hal yang mungkin tidak banyak orang ketahui tentang dirinya. Pertama, ia menganggap dirinya seorang foodie, tapi tidak suka saus tomat. Juga, ia menikmati menonton drama Cina.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Olimpiade Tokyo 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.