Nama Putri Meghan Markle Akhirnya Masuk Daftar Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

Oleh Putu Elmira pada 27 Jul 2021, 11:04 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 20:37 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle Pamer Wajah Bayi Pertamanya
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle berpose dengan bayi laki-lakinya yang baru lahir di St George's Hall di Windsor Castle di Windsor, London (8/5/2019). Pangeran Harry menyatakan bahwa dia dan Meghan Markle masih memikirkan nama anak mereka. (AFP Photo/Dominic Lipinski)

Liputan6.com, Jakarta - Putri Meghan Markle dan Pangeran Harry, Lilibet Diana, akhirnya secara resmi masuk dalam daftar pewaris takhta kerajaan. Momen tersebut terjadi tujuh pekan setelah Lili, begitu ia akrab disapa, lahir di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di California pada 4 Juni 2021.

Dilansir dari People, Selasa (27/7/2021), situs resmi royal.uk diperbarui Senin, 26 Juli 2021 dan menunjukkan putri Meghansebagai pewaris kedelapan takhta Inggris. Ia ada tepat di bawah kakaknya, Archie, dan dua di bawah Pangeran Harry.

Meghan tidak muncul dalam daftar karena ia bukan terlahir sebagai bangsawan. Begitu pula dengan Kate Middleton atau pasangan kerajaan lainnya, seperti Mike Tindall dan Sarah Ferguson.

Dasar hukum untuk garis pewaris takhta berasal dari abad ke-17 dan masa pemerintahan William III (atau dikenal sebagai William of Orange). Terakhir diubah pada 2013 untuk mengakhiri sistem anak sulung laki-laki, yang secara otomatis menempatkan ahli waris laki-laki di atas saudara perempuan mereka dalam garis pewaris takhta.

Amandemen itu juga menghapus aturan bersejarah bahwa seorang bangsawan tidak dapat mempertahankan posisi mereka dalam daftar jika mereka menikah dengan seorang Katolik Roma. Perubahan mulai berlaku pada Maret 2015, tetapi hanya berlaku untuk anak-anak kerajaan yang lahir setelah 28 Oktober 2011.

Posisi putri Meghan Markle dan Harry dalam daftar akan tergelincir lebih jauh jika salah satu dari anak-anak William dan Kate menjadi orang tua di masa depan. Kini, Saat ini Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis menempati posisi tiga hingga lima dalam daftar, di belakang ayah dan kakek mereka, Pangeran Charles, yang berada di urutan pertama dan pewaris takhta Inggris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sempat Heboh

Gaya Interaksi Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Anak Kecil
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle berjalan di Taman Pemerintah Rotorua, Selandia Baru, Rabu (31/10). Pangeran Harry dan Meghan Markle sedang dalam tur tiga minggu di Australia, Selandia Baru, Tonga, dan Fiji. (Michael Bradley/Pool/AFP)

Sebelumnya, tak sedikit publik yang mempertanyakan terkait belum adanya nama Lili dalam daftar pewaris takhta setelah tujuh pekan lahir. Padahal, saat Archie lahir, situs kerajaan diubah setelah 15 hari.

Dilansir dari The Sun, Minggu, 25 Juli 2021, Putra Zara dan Mike Tindall, Lucas, telah terdaftar sejak kelahirannya pada Maret. Sebelumnya, Meghan dan Harry mengeluh kepada Oprah Winfrey bahwa Archie tidak diangkat menjadi pangeran.

Lilibet lahir di Amerika Serikat pada 4 Juni 2021. Anak kedua Meghan dan Harry ini tidak bergelar Her Royal Highness (HRH), namun secara otomatis masuk dalam daftar pewaris takhta kerajaan.

Saat anak ketiga Kate Middleton dan William, Louis, lahir pada 2018, situs web kerajaan memasukkannya dalam daftar 12 hari kemudian. Putra dari Putri Eugenie, August, berada dalam daftar pewaris takhta, 61 hari setelah lahir di Februari 2021.

Putri Meghan Markle dan Harry belum dibaptis di tengah klaim bahwa Pangeran Harry ingin upacara itu diadakan di Kastil Windsor dengan kehadiran Ratu Elizabeth II. Belum ada tanggal yang diungkapkan untuk upacara apa pun di Inggris atau AS.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Belum Dibaptis

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Pangeran Harry dan sang istri Meghan Markle membuat keputusan mengejutkan. Pasangan itu mengungkapkan keinginan untuk hidup mandiri dan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris. (Files Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

menurut sumber kerajaan menyebut bahwa Meghan Markle dan Pangeran Harry ingin pembaptisan anak kedua mereka juga dilakukan di hadapan Ratu Elizabeth II. Keinginan mereka disebut diperjelas selama kunjungan Harry ke Inggris untuk peresmian patung Putri Diana pada 1 Juli 2021 lalu.

"Harry memberi tahu beberapa orang bahwa mereka ingin Lili dibaptis di Windsor, sama seperti kakaknya. Mereka senang menunggu sampai keadaan memungkinkan," kata seorang sumber kerajaan, dilansir dari Daily Mail, Rabu (21/7/2021).

Archie dibaptis oleh Uskup Agung secara privat yang belum pernah terjadi sebelumnya di Kapel St George, Windsor pada 2019 lalu yang dihadiri 25 tamu undangan, tidak termasuk Ratu. Kala itu, Ratu Elizabeth II tiba-tiba datang dan masuk melalui pintu belakang.

Meski rincian orangtua baptis bayi kerajaan selalu dipublikasikan sebelumnya, namun Harry dan Meghan menolak untuk mengonfirmasi nama tersebut. Orangtua baptis bayi kerajaan secara tradisional diumumkan sebelumnya dan sering kali pada pagi hari pembaptisan. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya