Pramugari Ungkap Cara agar Penumpang Dapat Perlakuan Istimewa dari Awak Kabin

Oleh Henry pada 28 Jul 2021, 09:02 WIB
Diperbarui 28 Jul 2021, 09:02 WIB
Ilustrasi naik pesawat
Perbesar
Ilustrasi naik pesawat (dok.unsplash/ Chris Brignola)

Liputan6.com, Jakarta - Di pesawat terbang komersial, biasanya ada pembagian kelas untuk penumpang. Yang paling umum adalah kelas bisnis dan kelas ekonomi. Meski ada perbedaan kelas, ternyata perlakuan khusus bisa dirasakan oleh semua penumpang pesawat.

Seorang pramugari bernama Kat Kamalani membocorkan trik mendapatkan perlakuan khusus dari awak kabin, lewat video yang diunggahnya di TikTok. Dalam video tersebut, Kamalani menyebutkan ada beberapa hal sederhana yang bisa meluluhkan hati pramugari.

"Kalau Anda melakukan satu hal sederhana ini di pesawat, saya jamin, Anda akan mendapatkan perlakuan istimewa dari pramugari," ungkap Kamalani seperti dikutip dari Independent, 20 Juli 2021.

Menurut Kamalani, salah satu cara jitu merebut hati pramugari adalah dengan memberikan hadiah berupa benda sederhana sebagai kenang-kenangan. Dia menyebut hadiah sederhana itu bisa berupa kartu diskon restoran atau kedai kopi, lip balm, kue, cokelat, atau bahkan permen. Hadiah kecil tersebut ternyata bisa menjadi hal paling berkesan bagi pramugari.

Dengan begitu, mereka akan lebih memperhatikan penumpang yang memberikan perilaku manis tersebut. "Kami akan tahu di mana Anda duduk. Kami akan tahu seperti apa penampilan Anda dan semua kru akan memastikan Anda diberi perhatian," ucapnya.

Video yang sudah ditonton lebih dari tiga juta pengguna TikTok itu menuai banyak reaksi dari warganet. Banyak yang mengaku ingin memberikan hadiah kecil kepada pramugari agar mendapat perilaku istimewa selama penerbangan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hak Tiap Penumpang

Ilustrasi Pramugari (AFP)
Perbesar
Ilustrasi Pramugari (AFP)

"Saya tak pernah berpikir untuk memberikan hadiah kecil, tapi masuk akal! Terima kasih untuk ini!'" komentar seorang warganet.

Namun, beberapa warganet berkomentar bahwa setiap penumpang berhak mendapat perlakuan khusus dari pramugari. Selain itu, trik tersebut justru bisa dianggap tindak penyuapan. "Lakukan saja pekerjaan Anda! Bersikap sopan kepada penumpang. Ini memang tugas Anda. Anda tidak perlu disuap untuk melakukan pekerjaan yang Anda dibayar,'" komentar warganet lainnya.

Kat Kamalani juga kerap membagikan informasi dan serba-serbi tentang profesi pramugari. Ia pernah mengunggah video TikTok yang menjelaskan apa yang sebenarnya dilakukan pramugari saat mereka menyambut penumpang di dalam pesawat, seperti melansir dari laman Fox News, 26 April 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keadaan Darurat

Ilustrasi kursi pesawat.
Perbesar
Ilustrasi kursi pesawat. (dok. Oliver89/pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

"Jadi, saat Anda naik ke dalam pesawat dan Anda melihat wajah kami yang bahagia dan tersenyum, kami sebenarnya sedang melihat Anda dari atas ke bawah dan kami mencoba menemukan ABS (Anti-lock Braking System) kami dan yang disebut sebagai Orang Siaga," jelas Kalamani. "Jadi, inilah orang-orang yang akan membantu Anda dalam keadaan darurat."

Dia menambahkan bahwa contoh ABP (Able Body Person) yang baik adalah personel militer, pemadam kebakaran, pilot, polisi, perawat, dan dokter.  Jadi, saat dalam keadaan darurat, seperti keadaan darurat medis, atau pihaknya akan mendaratkan pesawat, atau ada pelanggaran keamanan, pihaknya tahu siapa yang ada di pesawat dan siapa yang dapat membantu.

Selain itu, kata Kamalani, "Kami mencari (korban) perdagangan manusia," katanya. "Ini sering terjadi di industri dan keselamatan penumpang kami adalah prioritas nomor satu kami, jadi kami hanya mencari hal-hal yang terlihat aneh. Jika Anda melihat sesuatu… KATAKAN SESUATU !!!" tulis Kamalani.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya