Bandara Haneda Raih Sertifikasi Protokol Kesehatan Bintang 5 Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Oleh Asnida Riani pada 22 Jul 2021, 22:02 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 22:02 WIB
Penerbangan di Bandara Haneda
Perbesar
Ground staff bekerja di lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda yang sepi di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Liputan6.com, Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 bakal secara resmi dimulai besok, Jumat, 23 Juli 2021. Di ujung momen penantiannya, Bandara Internasional Tokyo Haneda berhasil mengantongi Sertifikasi Peringkat Keamanan Bandara COVID-19 Bintang 5, lapor Skytrax Ratings, Kamis (22/7/2021).

Sertifikat itu diberikan setelah "evaluasi terperinci terhadap standar keamanan COVID-19" yang dilakukan Skytrax pada Juni dan Juli 2021. Akreditasi keselamatan ini dianggap sebagai tolok ukur global untuk menentukan perjalanan yang aman.

Juga, sebagai pengakuan atas efektivitas langkah-langkah kebersihan dan keselamatan yang diperkenalkan Bandara Internasional Tokyo Haneda. Ketua dan CEO JAT, Isao Takashiro, mengatakan, "Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk mendapatkan sertifikasi dan menerima Peringkat Keamanan Bandara COVID-19 Bintang 5 tertinggi Skytrax."

"Kami percaya pada upaya kami mencegah infeksi di antara pengguna dan staf bandara, seperti mendisinfeksi area kontak tinggi di terminal, memastikan jarak sosial di setiap area, dan memperkenalkan perangkat nirsentuh, semua telah sangat dievaluasi," imbuhnya.

Audit ini menilai 175 protokol keselamatan berbeda yang diperkenalkan sebagai tanggapan terhadap pandemi COVID-19 guna mengurangi risiko dan meningkatkan kesejahteraan pelanggan, serta staf. Inspeksi tersebut memeriksa implementasi langkah-langkah kesehatan, kebersihan, dan keselamatan.

Indikatornya mengacu pada rekomendasi Satuan Tugas Pemulihan Penerbangan Dewan ICAO, Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA), dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) Keselamatan Kesehatan Penerbangan Protokol. Di samping, mempertimbangkan persyaratan Pemerintah Jepang, dan otoritas regional lain.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fasilitas Otomatisasi

Penerbangan di Bandara Haneda
Perbesar
Aktivitas lobi keberangkatan Bandara Internasional Haneda sepi akibat virus corona di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Perwakilan Skytrax, Edward Plaisted, mengatakan, "Kami sangat terkesan dengan skala dan konsistensi protokol keselamatan COVID-19 di Bandara Internasional Haneda Tokyo, dan mengucapkan selamat pada mereka karena jadi bandara pertama di Jepang yang menerima Peringkat Keamanan Bandara COVID-19 tertinggi ini."

"Hanya beberapa hari sebelum pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Peringkat Keamanan COVID-19 ini menawarkan jaminan pada pelanggan yang bepergian masuk dan keluar dari Bandara Haneda. Selain itu, juga menyoroti efektivitas prosedur kebersihan dan keselamatan pelanggan dan staf," sambungnya.

Memenuhi citra Jepang sebagai salah satu negara terkemuka untuk otomatisasi, Bandara Haneda memperkenalkan bantuan layanan pelanggan robotik untuk menjawab pertanyaan di konter informasi. Inovasinya bermaksud mengurangi kontak antara staf dan penumpang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Peringkat Keamanan Bandara COVID-19 Bintang 5

Penerbangan di Bandara Haneda
Perbesar
Orang-orang yang mengenakan masker beristirahat di lobi Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Senin (28/12/2020). Jepang untuk sementara waktu melarang semua pendatang asing yang bukan penduduk masuk sebagai bentuk antisipasi varian baru COVID-19 hingga akhir Januari 2021. (AP Photo/Koji Sasahara)

Selama beberapa tahun, Bandara Internasional Haneda Tokyo telah jadi salah satu bandara terkemuka di dunia untuk pilian layanan. Menanggapi COVID-19, armada kursi roda otomatis tersedia di dalam terminal untuk mengangkut penumpang penyandang disabilitas ke gerbang keberangkatan. Setiap unit dilengkapi pencarian arah terprogram dan secara otomatis akan mengembalikan kursi roda ke area penyimpanan setelah digunakan.

Peringkat Keamanan Bandara COVID-19 Bintang 5 ini mengakui standar prosedur kebersihan dan pemeliharaan bandara yang sangat tinggi. Bandara yang mencapai Bintang 5 dinilai memantau kebersihan terbaik, dan yang terpenting, protokol ini dipatuhi secara konsisten.

Selain kebersihan visual dan standar presentasi terminal yang sangat baik, bandara dalam kategori ini menggunakan sanitasi UV dan perawatan disinfektan massal yang dievaluasi secara ilmiah. Juga, memastikan bahwa jarak sosial terimplementasi secara disiplin, terutama di area-area publik yang ramai.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Olimpiade Tokyo 2020
Perbesar
Infografis Olimpiade Tokyo 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya