Selebgram Bantu Driver Ojol Berkurban di Iduladha untuk Pertama Kali

Oleh Henry pada 22 Jul 2021, 19:02 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 19:02 WIB
PPKM Darurat, Penjualan Hewan Kurban Menurun
Perbesar
Pedagang menunggu pembeli hewan kurban di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta, Selasa (13/7/2021). PPKM Darurat juga menyebabkan pengiriman hewan kurban dari luar kota terhambat sehingga stok kambing dan sapi terbatas. (Liputan6.com/Faizal Fananani)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ibadah sunah di Hari Raya Iduladha adalah kurban. Kurban merupakan momen yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi. Berbagi pun bisa dalam jumlah kecil maupun besar.

Seorang selebgram bernama Willie Salim membagikan momen berbagi pada sesama melalui akun TikTok @williesalim. Dalam unggahan itu, ia bertemu dengan seorang driver ojol atau ojek online.

Dalam video yang dibagikan pada 19 Juli 2021, Willie bertanya pada driver ojol yang merupakan pria paruh baya ini tentang harapan yang sangat ingin dilakukan. Pengemudi ojol itu mengatakan dirinya sangat ingin berkurban. Ia belum sempat berkurban selama ini karena keterbatasan ekonomi.

Willie kemudian mengabulkan keinginan driver ojol itu. Keduanya lalu pergi ke pedagang hewan kurban. Setelah sampai, rupanya pengemudi itu tertarik pada seekor kambing hitam kecokelatan berukuran kecil.

Willie mengatakan ia bebas memilih kambing apa saja yang diinginkan, tapi driver ojol itu tetap pada pilihan pertamanya. Kambing kecil itu juga tampak seperti diasingkan karena warna dan bentuknya yang berbeda.

Willie akhirnya membayar kambing itu. Driver ojol itu mengatakan seumur hidupnya ini adalah pertama kali dirinya bisa berkurban. Pria itu sangat senang dan bersyukur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saling Berbagi

Selebgram Bantu Driver Ojol Berkurban untuk Pertama Kali
Perbesar
Selebgram Bantu Driver Ojol Berkurban untuk Pertama Kali. foto: TikTok @williesalim

"Alhamdulillah akhirnya terwujud juga berkurban," ucap driver ojol itu. Menurutnya, kurban punyai makna mendalam tentang belajar merelakan dan mengorbankan yang dimiliki serta saling berbagi.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, video viral tersebut sudah dilihat lebih dari 8,3 juta kali dan disukai lebih dari 1,2 juta kali.

"Baik banget Kak Willie mau beli kambing buat bapaknya berkurban. Bahagia dan sukses selalu ya," komentar seorang warganet. "Subhanallah kak Willi baik banget, semoga ka Willi panjang umur sehat selalu," komentar warganet lainnya.

Meski banyak yang terharu, sebagian warganet juga terhibur dengan ulah seekor kambing. Hewan kurban itu menggigit dan berusaha memakan kertas kuitansi saat Willie mau membayar penjual kambing. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pedagang Keliling

Selebgram Bantu Driver Ojol Berkurban untuk Pertama Kali
Perbesar
Selebgram Bantu Driver Ojol Berkurban untuk Pertama Kali. foto: TikTok @williesalim

Willie termasuk selebgram yang suka membuat video prank. Namun, beberapa waktu terakhir ia lebih banyak memproduksi konten bertema berbagi dengan orang lain, seperti membantu para pedagang kecil.

Dalam unggahan pada 10 Juli 2021, Willie membagikan video dirinya berbagi pada seorang penjual kerupuk keliling tunanetra. Dalam keterbatasan, pedagang kerupuk itu masih ingin terus berusaha tanpa meminta belas kasihan, meski pernah ditipu karena tak bisa melihat.

Namun, pria ini tak lama larut dalam kesedihan dan tetap bersyukur atas kuasa Tuhan. Willie benar-benar terharu melihat perjuangannya. Ia bahkan sempat mencium tangan pria itu. Semua kerupuk dagangannya pun diborong oleh Willie.

Ia juga memesan taksi online untuk pedagang tersebut pulang ke rumah. Willie lalu membagikan kerupuk itu pada beberapa orang di jalan, mulai dari driver ojek daring, pedagang kaki lima, dan pekerja bangunan,secara gratis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021

Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021
Perbesar
Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021 (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya