Sukses

Super Air Jet Bakal Hadirkan Rute Penerbangan Sasaran Generasi Milenial

Rute-rute Super Air Jet untuk mengakomodir kebutuhan penerbangan para kawula muda.

Liputan6.com, Jakarta - Super Air Jet bakal segera melayani penumpang berjadwal atau regular flight. Maskapai penerbangan ini tengah mempersiapkan rencana penerbangan perdana agar berjalan sesuai jadwal dan memenuhi aspek standar operasional keamanan, keselamatan, hingga kenyamanan perjalanan udara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 20 Juli 2021, Super Air Jet akan menghadirkan enam rute penerbangan. Destinasi-destinasi ini guna menjawab sekaligus mengakomodir kebutuhan penerbangan para generasi milenial.

Layanan ke destinasi yang disebut sebagai "Super Favorit" ini meliputi Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK), Palembang melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Padang melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG). Rute penerbangan juga termasuk Batam - Bandar Udara Internasional Hang Nadim (BTH), Medan - Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO), dan Pontianak - Bandar Udara Internasional Supadio (PNK).

"Pemilihan destinasi SUPER Favorit di tahap perdana guna menjangkau wilayah Indonesia Barat dengan pilihan jadwal keberangkatan yang tepat di rute-rute SUPER Populer," ungkap Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari.

Ia melanjutkan, alasan disebut Super Popular karena jaringan dan daerah tersebut telah dikenal dan disukai banyak orang. Maskapai ini akan beroperasi dengan frekuensi terbang satu kali sehari yang dilayani pergi--pulang (PP).

Super Air Jet berfokus menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional. Penamaan Super Favorit karena maskapai berkode kode IATA: IU tersebut melihat dan menganalisis kota tujuan paling banyak diminati wisatawan dan pebisnis muda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 Kategori

Masing-masing destinasi disebut memiliki karakteristik dan keunikan. Ada dua kategori kota yang menjadi tujuan penerbangan Super Air Jet.

Pertama, Kota Petualangan yang menawarkan berbagai objek wisata unggulan seperti kuliner, religi, sejarah, budaya, bahari dan lainnya serta didukung kekhasan dari kearifan lokal. Kedua, Kota Bisnis, kian berkembang ide kreatif menjadi sentra bisnis, wirausaha baru hingga industri tradisional.

Selain itu, maskapai penerbangan ini juga menawarkan Super Ekstra dengan gratis bagasi 20 kilogram. Super Entertainment didukung oleh aplikasi Tripper Travel, hiburan yang dapat dinikmati saat di darat dan di udara.

"Super Air Jet mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, meliputi regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, lembaga lainnya yang terkait atas kerjasama, koordinasi selama ini. Harapan utama, sinergitas dapat terjalin dengan baik, sehingga penerbangan perdana mendatang dapat berjalan lancar," lanjut Ari.

3 dari 4 halaman

Kantongi Sertifikat

Pada akhir Juni 2021, Super Air Jet mengantongi Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate/ AOC) nomor 121-060. Persetujuan ini diberikan oleh Otoritas Penerbangan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan yang mengizinkan maskapai ini mengoperasikan pesawat udara tujuan komersial.

Seluruh proses pembentukan Super Air Jet melalui prosedur yang panjang dan telah dijalankan menurut ketentuan dari perundang-undangan yang berlaku. Maskapai ini telah memenuhi proses sertifikasi.

Tahapan dilaksanakan selama sembilan bulan mengacu kepada ketentuan ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional). Dalam memenuhi proses sertifikasi ini, Super Air Jet berhasil melalui lima fase, yakni Pre-Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration and Inspection, dan Certification.

4 dari 4 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.