Sukses

Tantowi Yahya Ikut Unggah Tutorial Cara Menawar ke Pedagang Kecil Saat PPKM Darurat

Video tutorial cara menawar ke pedagang kecil saat PPKM ini disebut sangat menyentuh oleh Tantowi Yahya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kesulitan secara ekonomi. Pemberlakuan aturan, termasuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pun berdampak pada para pedagang kecil.

Namun, mereka tetap berusaha dengan berjualan, seperti seorang pedagang es tebu. Sejak pagi hingga jam empat sore, dagangannya itu baru laku empat gelas, seperti dalam video yang diunggah akun @matpeciiii, 17 Juli 2021.

"Tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci," tulis akun tersebut. Unggahan tersebut mendapat banyak komentar dari warganet.

Salah satunya yang mengaku tergugah karena klip itu adalah Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. Lewat akun Instagram pribadinya, Tantowi menyebut video tersebut sangat menyentuh.

"Inilah cara membantu para pedagang kecil yang berjibaku ambil resiko untuk kelangsungan hidup keluarga mereka. Ya Allah akhirilah ujianmu ini. Kami sudah hampir kehilangan segalanya," tulis Tantowi Yahya.

 

Saksikan Video Piihan di Pemilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebingungan karena Ditawar

Dalam video itu, tampak seorang pria bertanya tentang harga segelas es tebu. Si pedagang menjawab, segelas es tebu dibanderol Rp5 ribu.

Namun, pembeli dalam video itu menawarnya Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Pedagang es tebu itu tampak kebingungan mendengar ucapan tersebut.

"Ya udah," lelaki itu mengeluarkan uang pecahan kertas Rp100 ribu sebanyak lima lembar. "Bener ini, Pak?" tanya pedagang itu seakan tak percaya. "Iya!" tegas lelaki itu.

 

3 dari 4 halaman

Menangis Haru

Perempuan itu langsung menangis haru atas kebaikan pembeli es tebunya. Dengan kaus birunya, perempuan itu kemudian menutup wajahnya.

"Pas Mat Peci nengok ke belakang ibunya lagi nangis sesenggukan," tulis akun tersebut.

Selain menarik perhatian Tantowi, unggahan tersebut mendapat banyak komentar dari warganet, termasuk Rano Karno. Mereka mengaku ikut terharu karena video tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Titik Lengah Saat Idul Adha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.