Sukses

6 Hidangan Berbahan Daging Sapi Saat Iduladha

Daging sapi bisa diolah menjadi bermacam-macam hidangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang masih melanda Indonesia saat Iduladha tak membuat masyarakat untuk berkurban, baik dengan memotong sapi. Tak sedikit masyarakat yang sudah jauh-jauh hari bisa berkurban sapi.

Sapi jadi salah satu pilihan yang banyak dimanfaatkan sebagai hewan kurban. Dari hewan kurban itu masyarakat mengolahnya jadi bermacam-macam kuliner.

Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mengonsumsi daging sapi sangat bermanfaat untuk tubuh.

Resep masakan daging sapi sudah sangat banyak di Indonesia. Di Daging sapi bisa menjadi hidangan yang lezat dengan campuran bumbu rempah-rempah.

Supaya tak bosan dengan olahan daging sapi yang itu-itu saja, pandai-pandailah dalam mengatur menu makanan dari olahan daging sapi. Berikut enam hidangan yang terbuat dari daging sapi yang menggugah selera di momen Iduladha yang dihimpun dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Satai

Satai salah satu hidangan yang digemari dari berbagai lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari banyak hidangan yang terbuat dari daging sapi, satai termasuk yang paling umum dibuat oleh masyarakat.

Cara membuatnya cukup sederhana, daging sapi ditusuk dengan tusuk satai. Sebelum satai dibakar celupkan ke bumbu, kemudian masak hingga matang.

Setelah itu, satai yang matang ditata di piring dan satai siap disajikan dengan sambal dan pelengkapnya. Sesuai selera, sambal bisa disiram di atas satai atau cukup dijadikan cocolan saja.

3 dari 8 halaman

Sapi Lada Hitam

Cara pembuatannya, daging sapi iris tipis lalu dilumuri kecap manis, saus tiram, dan minya goreng. Kemudian tumis bawang putih dan masukan daging sapi hingga daging berubah warna, tambahkan bawang bombai dan paprika .

Beri secukupnya air sambil diaduk rata, tambahkan kecap manis, saus tiram, gula, garam kaldu bubuk dan lada hitam. Setelah matang beri larutan tepung maizena, aduk-aduk hingga agak mengental.

4 dari 8 halaman

Tongseng

Daging sapi juga bisa dijadikan tongseng. Caranya, tumis bumbu halus hingga harum dan matang masukan daging, aduk rata.

Selanjutnya, masukan air dan tambahkan daun salam, serai, gula merah, garam, dan kecap. Masak hingga sambil diaduk-aduk dan tes rasa sebelum disajikan.

 

5 dari 8 halaman

Dendeng Balado

Caranya, rebus daging sapi bersama bumbu ungkep dengan presto sampai empuk dan bumbu meresap. Setelah dingin, iris daging, pukul-pukul, lalu goreng sebentar.

Setelah itu, tumis bumbu balado yang sudah dihaluskan hingga matang, masukan garam, gula pasir dan air jeruk nipis. Kemudianmasukkan kentang dan daging dan aduk hingga semua tercampur rata. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

6 dari 8 halaman

Rendang

Cara memasaknya masukan bumbu halus dan semua bumbu yang tidak dihaluskan, tumis sampai harum. Kemudian masukkan daging, kelapa sangrai, kasih air sedikit, lalu tumis sebentar.

Setelah itu, masukkan santan kental, masak di atas api kecil sambil diaduk pelan-pelas selama kurang lebih tiga jam. Tes rasa sebelum disajikan.

 

7 dari 8 halaman

Bistik

Daging sapi juga bisa dibuat bisa yang lezat. Caranya, rebus daging masak agak empuk. Sisihkan air kaldunya, kemudian potong-potong daging sesuai selera.

Selanjutnya, tumis bawang bombai, kemudian masukkan bumbu halus dan masak hingga tanak. Masukan potongan daging, aduk. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus tomat, dan aduk rata. Anda bisa masukan air kaldu masak hingga air mengental dan daging empuk. Selanjutnya, Anda bisa tes rasa, sebelum disajikan.

8 dari 8 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.