6 Hidangan Berbahan Daging Sapi Saat Iduladha

Oleh Komarudin pada 20 Jul 2021, 09:02 WIB
Diperbarui 20 Jul 2021, 09:02 WIB
Ilustrasi daging sapi
Perbesar
Ilustrasi daging sapi (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang masih melanda Indonesia saat Iduladha tak membuat masyarakat untuk berkurban, baik dengan memotong sapi. Tak sedikit masyarakat yang sudah jauh-jauh hari bisa berkurban sapi.

Sapi jadi salah satu pilihan yang banyak dimanfaatkan sebagai hewan kurban. Dari hewan kurban itu masyarakat mengolahnya jadi bermacam-macam kuliner.

Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mengonsumsi daging sapi sangat bermanfaat untuk tubuh.

Resep masakan daging sapi sudah sangat banyak di Indonesia. Di Daging sapi bisa menjadi hidangan yang lezat dengan campuran bumbu rempah-rempah.

Supaya tak bosan dengan olahan daging sapi yang itu-itu saja, pandai-pandailah dalam mengatur menu makanan dari olahan daging sapi. Berikut enam hidangan yang terbuat dari daging sapi yang menggugah selera di momen Iduladha yang dihimpun dari berbagai sumber.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Satai

Ilustrasi satai daging sapi
Perbesar
Ilustrasi satai daging sapi (dok.unsplash)

Satai salah satu hidangan yang digemari dari berbagai lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari banyak hidangan yang terbuat dari daging sapi, satai termasuk yang paling umum dibuat oleh masyarakat.

Cara membuatnya cukup sederhana, daging sapi ditusuk dengan tusuk satai. Sebelum satai dibakar celupkan ke bumbu, kemudian masak hingga matang.

Setelah itu, satai yang matang ditata di piring dan satai siap disajikan dengan sambal dan pelengkapnya. Sesuai selera, sambal bisa disiram di atas satai atau cukup dijadikan cocolan saja.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sapi Lada Hitam

Menu Maksi: Daging Sapi Bumbu Lada Hitam, Rasanya Spesial
Perbesar
Buat kamu yang belum ada rencana pengen masak apa untuk menu hari ini, bagaimana kalau masak Daging Sapi Lada Hitam

Cara pembuatannya, daging sapi iris tipis lalu dilumuri kecap manis, saus tiram, dan minya goreng. Kemudian tumis bawang putih dan masukan daging sapi hingga daging berubah warna, tambahkan bawang bombai dan paprika .

Beri secukupnya air sambil diaduk rata, tambahkan kecap manis, saus tiram, gula, garam kaldu bubuk dan lada hitam. Setelah matang beri larutan tepung maizena, aduk-aduk hingga agak mengental.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tongseng

[Bintang] Tongseng Daging Sapi
Perbesar
Tongseng Daging Sapi. foto: steemit

Daging sapi juga bisa dijadikan tongseng. Caranya, tumis bumbu halus hingga harum dan matang masukan daging, aduk rata.

Selanjutnya, masukan air dan tambahkan daun salam, serai, gula merah, garam, dan kecap. Masak hingga sambil diaduk-aduk dan tes rasa sebelum disajikan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dendeng Balado

Dendeng Balado
Perbesar
Dendeng Balado (Dok. Instagram/@dendengqubalado/https://www.instagram.com/p/BpEyTxtgJuO/?hl=en&taken-by=dendengqubalado/Liputan6.com/Komarudin)

Caranya, rebus daging sapi bersama bumbu ungkep dengan presto sampai empuk dan bumbu meresap. Setelah dingin, iris daging, pukul-pukul, lalu goreng sebentar.

Setelah itu, tumis bumbu balado yang sudah dihaluskan hingga matang, masukan garam, gula pasir dan air jeruk nipis. Kemudianmasukkan kentang dan daging dan aduk hingga semua tercampur rata. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rendang

Ilustrasi rendang.
Perbesar
Ilustrasi rendang. (Sumber Merdeka.com)

Cara memasaknya masukan bumbu halus dan semua bumbu yang tidak dihaluskan, tumis sampai harum. Kemudian masukkan daging, kelapa sangrai, kasih air sedikit, lalu tumis sebentar.

Setelah itu, masukkan santan kental, masak di atas api kecil sambil diaduk pelan-pelas selama kurang lebih tiga jam. Tes rasa sebelum disajikan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bistik

Bistik
Perbesar
Bistik daging sapi (Dok. Wikimedia commons)

Daging sapi juga bisa dibuat bisa yang lezat. Caranya, rebus daging masak agak empuk. Sisihkan air kaldunya, kemudian potong-potong daging sesuai selera.

Selanjutnya, tumis bawang bombai, kemudian masukkan bumbu halus dan masak hingga tanak. Masukan potongan daging, aduk. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, saus tomat, dan aduk rata. Anda bisa masukan air kaldu masak hingga air mengental dan daging empuk. Selanjutnya, Anda bisa tes rasa, sebelum disajikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya