Sukses

Sering Diajak Selfie, Menteri di India Akhirnya Kutip Bayaran

Menteri negara bagian di India minta dibayar pada mereka yang mengajak selfie. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Selfie jadi aktivitas yang sering dilakukan seseorang dalam acara tertentu, terutama dengan sosok atau tokoh terkenal. Namun, tak semua orang senang diajak untuk selfie, seperti terjadi di India.

Menteri Pariwisata dan Kebudyaan Madhya Pradesh, negara bagian di India, Utha Thakur bahwa mereka harus membayarnya bila ada yang ingin berfoto dengannya. Nilainya memang tak seberaapa, hanya 100 rupee atau sekitar Rp19 ribu saja.

"Selfie terlalu banyak buang waktu kita. Kadang-kadang untuk datang ke suatu acara terlambat satu jam," kata Uthar, dilansir dari Hindustan Times, Senin (19/7/2021).

Oleh karena itu, ia memutuskan para pekerja dari Partai Bharitya Janta harus membayar 100 rupee untuk selfie bersamanya. Uang tersebut bisa digunakan untuk kesejahteraan para pekerja.

Menteri perempuan itu juga membuat kebijakan lain yang dinilai lebih berfaedah. Ia meminta masyarakat untuk mengganti karangan bunga dengan buku.

"Bagiku, karangan bunga tak memiliki kepentingan agama. Oleh karena itu, saya meminta untuk mengganti karangan bunga dengan buku," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suka Bercanda

Perempuan yang terbilang kontroversial in, sering terlihat tanpa menggunakan masker. Ia mengatakan virus tidak akan menyerangnya karena gaya hidup Vedanya, termasuk membaca Human Chalisa, dan ritual dengan menggunakan kotoran sapi.

Namun, apa yang dilakukan Usha Thakur sebagai candaan. Bagi juru bicara BJP Rajneesh Agrawal, setiap orang mempunya hak untuk melucu.

"Menteri Usha Thakur mengatakannya dengan santai. Orang-orang tertawa di sana. Seorang politisi juga memiliki hak untuk membuat lelucon," kata dia.

3 dari 4 halaman

Jantung India

Madhya Pradesh merupakan negara bagian India dengan ibu kotanya Bhopal. Madhya Pradesh sering juga disebut sebagai jantungnya India.

Awalnya, negara bagian ini merupakan yang terluas. Namun, pada 1 November 2000 diterapkan pemekaran wilayah dengan membagi wilayah Madhya Pradesh menjadi dua dan membentuk negara bagian baru Chhattisgarh. 

Madhya Pradesh berbatasan dengan Uttar Pradesh, Chhattisgarh, Maharashtra, Gujarat dan Rajasthan. Di sana terdapat 10 taman nasional, di antaranya Taman Nasional Bandhavgarh, Taman Nasional Kanha, Taman Nasional Satpura, dan Taman Nasional Sanjay.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Mutasi Covid-19 Kombinasi Varian Inggris-India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.