Sukses

Aksi Selebgram Bantu Promosi Dagangan PKL yang Sepi Pembeli akibat PPKM Darurat

Aksi selebgram mempromosikan dagangan pedagang kaki lima yang terdampak PPKM ini dilakukannya melalui Instagram Live.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi mulia membantu sesama di masa sulit seperti saat ini tiada henti dilakukan. Di masa pandemi dan penerapan PPKM Darurat di berbagai wilayah di Indonesia, banyak dari mereka yang kesulitan mencari nafkah, termasuk para pedagang kaki lima atau PKL.

Belum lama ini, seorang selebgram turut membantu mempromosikan dagangan PKL. Selebgram asal Pontianak itu dikenal dengan sapaan Meme Daeng. Ia bersama relawan tanpa pamrih membantu usaha dagang orang-orang yang ditemui ketika dijalan.

Disimak melalui unggahan beberapa video di Instagram pribadinya, selebgram ini melancarkan aksi bantuannya sejak Kamis, 15 Juli 2021. Kegiatan sosial tersebut diberi nama "Jajak Online" yang memiliki arti menjajakan jualan pinggir jalan.

"Saya maok jajak kan jualan saudare-saudare kite yang kena dampak PPKM," tulis di kolom keterangan akun instagram tersebut.

Memanfaatkan fitur berupa Instagram Live, Meme Daeng mempromosikan dagangan PKL kepada 26 ribu pengikut Instagramnya. Ia mulai live sekitar pukul 19.00 WIB dan mengajak pengikutnya untuk menyiapkan uang untuk membantu para PKL yang ia temui.

"Saya harap same kayak mase PSBB kemaren, banyak sekali orang-orang baek yang nyisihkan duet nye buat beli jajanan yang saya jajak kan lewat Instagram Live. Siapkan duet lebeh kawan-kawan ye! Btw yang ade rekomendasi pedagang pinggir jalan, bisa bantu tulis di kolom komentar," lanjutnya tulis kolom keterangan di Instagram @memedaeng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jajak Online

Hingga artikel ini ditulis, terhitung Meme Daeng telah mempromosikan 22 gerobak dagangan PKL. Kebanyakan berupa makanan, seperti kacang rebus, pentol kuah, aneka kue, dan pempek.

Daeng mengaku Instagram Live Jajak Online ini akan diadakannya setiap hari. Selain itu, ia mengunggah tayangan ulang siaran langsung tersebut di unggahan video Instagram.

Aksinya berhasil menarik perhatian. Salah satunya, ia berhasil menjual habis kacang-kacangan dan jagung rebus hanya dalam lima menit. Makanan yang dijual seharga Rp5 ribu satu porsi yang lokasinya berada di Jembatan Lancang Kuning, Pontianak.

"Jajak online gerobak 11, ndak sampai 5 menit abis," tulis di kolom keterangan unggahan tersebut.

3 dari 4 halaman

Banyak Dukungan

Sekitar 100--300 orang berpartisipasi setiap ia menggelar Instagram Live. Warganet pun mendoakan Meme Daeng atas aksinya yang membantu para Pedagang Kaki Lima, khususnya daerah Pontianak.

"Sehat selalu orang baik, dalam limpahan berkah rezekinya amin," tulis warganet di kolom komentar unggahan tersebut.

"Semoga dimudahkan rezekinya, karena sudah membantu memudahkan orang lain," tulis warganet lainnya. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.