Aksi Selebgram Bantu Promosi Dagangan PKL yang Sepi Pembeli akibat PPKM Darurat

Oleh Liputan6.com pada 19 Jul 2021, 09:32 WIB
Diperbarui 19 Jul 2021, 10:58 WIB
Selebgram Bantu Promosi Dagangan PKL yang Sepi Pembeli akibat PPKM
Perbesar
Selebgram membantu promosi dagangan para pedagang kaki lima di Pontianak yang sepi akibat PPKM. (Tangkapan Layar Instagram @memedaengg/https://www.instagram.com/p/CRYzFn9FTZ3/)

Liputan6.com, Jakarta - Aksi mulia membantu sesama di masa sulit seperti saat ini tiada henti dilakukan. Di masa pandemi dan penerapan PPKM Darurat di berbagai wilayah di Indonesia, banyak dari mereka yang kesulitan mencari nafkah, termasuk para pedagang kaki lima atau PKL.

Belum lama ini, seorang selebgram turut membantu mempromosikan dagangan PKL. Selebgram asal Pontianak itu dikenal dengan sapaan Meme Daeng. Ia bersama relawan tanpa pamrih membantu usaha dagang orang-orang yang ditemui ketika dijalan.

Disimak melalui unggahan beberapa video di Instagram pribadinya, selebgram ini melancarkan aksi bantuannya sejak Kamis, 15 Juli 2021. Kegiatan sosial tersebut diberi nama "Jajak Online" yang memiliki arti menjajakan jualan pinggir jalan.

"Saya maok jajak kan jualan saudare-saudare kite yang kena dampak PPKM," tulis di kolom keterangan akun instagram tersebut.

Memanfaatkan fitur berupa Instagram Live, Meme Daeng mempromosikan dagangan PKL kepada 26 ribu pengikut Instagramnya. Ia mulai live sekitar pukul 19.00 WIB dan mengajak pengikutnya untuk menyiapkan uang untuk membantu para PKL yang ia temui.

"Saya harap same kayak mase PSBB kemaren, banyak sekali orang-orang baek yang nyisihkan duet nye buat beli jajanan yang saya jajak kan lewat Instagram Live. Siapkan duet lebeh kawan-kawan ye! Btw yang ade rekomendasi pedagang pinggir jalan, bisa bantu tulis di kolom komentar," lanjutnya tulis kolom keterangan di Instagram @memedaeng.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jajak Online

Selebgram Bantu Promosi Dagangan PKL yang Sepi Pembeli akibat PPKM
Perbesar
Selebgram membantu promosi dagangan para pedagang kaki lima di Pontianak yang sepi akibat PPKM. (Tangkapan Layar Instagram @memedaengg/https://www.instagram.com/p/CRV50eNNf1e/)

Hingga artikel ini ditulis, terhitung Meme Daeng telah mempromosikan 22 gerobak dagangan PKL. Kebanyakan berupa makanan, seperti kacang rebus, pentol kuah, aneka kue, dan pempek.

Daeng mengaku Instagram Live Jajak Online ini akan diadakannya setiap hari. Selain itu, ia mengunggah tayangan ulang siaran langsung tersebut di unggahan video Instagram.

Aksinya berhasil menarik perhatian. Salah satunya, ia berhasil menjual habis kacang-kacangan dan jagung rebus hanya dalam lima menit. Makanan yang dijual seharga Rp5 ribu satu porsi yang lokasinya berada di Jembatan Lancang Kuning, Pontianak.

"Jajak online gerobak 11, ndak sampai 5 menit abis," tulis di kolom keterangan unggahan tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Banyak Dukungan

Selebgram Bantu Promosi Dagangan PKL yang Sepi Pembeli akibat PPKM
Perbesar
Selebgram membantu promosi dagangan para pedagang kaki lima di Pontianak yang sepi akibat PPKM. (Tangkapan Layar Instagram @memedaengg/https://www.instagram.com/p/CRWNRcil6Kc/)

Sekitar 100--300 orang berpartisipasi setiap ia menggelar Instagram Live. Warganet pun mendoakan Meme Daeng atas aksinya yang membantu para Pedagang Kaki Lima, khususnya daerah Pontianak.

"Sehat selalu orang baik, dalam limpahan berkah rezekinya amin," tulis warganet di kolom komentar unggahan tersebut.

"Semoga dimudahkan rezekinya, karena sudah membantu memudahkan orang lain," tulis warganet lainnya. (Muhammad Thoifur)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya